Saturday, November 15, 2014

Model Pembelajaran Fleming

Oleh Ali Rosyid
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
            Gaya belajar merupakan kecenderungan siswa untuk mengadaptasi strategi tertentu dalam belajarnya sebagai bentuk tanggung jawabnya untuk mendapatkan satu pendekatan belajar yang sesuai dengan tuntutan belajar di kelas/sekolah maupun tuntutan dari mata pelajaran (Slamento,2003).
            Fleming dan Mills (1992) dalam Slamento (2003) mengajukan kategori gaya belajar VARK (Visual, Auditory, Read-write, Kinestetic) tersebut sebagai berikut :
1.       Visual (V)
 Kecenderungan ini mencakup menggambarkan informasi dalam bentuk peta, diagram, dan symbol visual seperti panah, lingkaran, dan materi lain yang digunakan instruktur untuk mempresentasikan hal-hal yang dapat disampaikan dalam kata-kata. Hal ini mencakup juga desain, pola, bentuk dan format lain yang digunkan untuk menandai dan menyampaikan informasi.
a.   Beberapa karakteristik Visual Learner adalah :
1)  Senantiasa melihat bibir guru yang sedang mengajar
2)  Menyukai instruksi tertulis, foto dan ilustras untuk dilihat
3)  Biasanya tidak dapat mengingat informasi yang diberikan secara lisan.

b.   Media atau bahan yang cocok
1)  Guru yang menggunakan bahasa tubuh atau gambar dalam keadaan menerangkan
2)  Media gambar, video, poster dan sebagainya
3)  Buku yang banyak mencantumkan diagram atau gambar

c.    Strategi belajar
1)  Mengganti kata-kata dengan symbol atau gambar

2.   Aural atau Auditory Learning (A)
            Modalitas ini menggambarkan preferensi terhadap informasi yang didengar atau diucapkan. Siswa dengan modalitas ini belajar secara maksimal dari ceramah, tutorial, tape diskusi kelompok, bicara dan membicarakan materi. Hal ini mencangkup berbicara dengan suara keras atau bicara kepada diri sendiri.
a.      Beberapa karakteristik Auditory Learner antara lain :
1)     Suka berbicara
2)     Kurang dapat mengingat dengan baik apa yang baru saja dibacanya.
3)     Sangat menyukai diskusi kelompok.

b.     Media atau bahan yang cocok
1)     Menghadiri kelas
2)     Diskusi
3)     Membahas suatu topic bersama dengan teman

c.      Strategi belajar
1)     Catatan yang dibuat mungkin sangat tidak memadai. Tambahkan informasi yang didapat dengan cara berbicara dengan orang lain dan mengumpulkan catatan dari buku.
2)     Rekam ringkasan dari catatn yang dibuat dan dengarkan rekaman tersebut
3)     Minta orang lain untuk mendengar pemahaman yang diterima mengenai suatu topic.

3.   Read – Write (R)
Pembelajaran yang didalamnya seseorang cenderung belajar dengan cara mencatat dan membaca apa saja yang ia dengarkan dan diperoleh dari lingkungan sekitar.

a.      Media/bahan yang cocok:
1)     Kamus
2)     Handout
3)     Buku teks

b.     Strategi belajar:
1)     Tuliskan kata-kata secara berulang-ulang
2)     Baca catatan Anda secara berkali-kali
3)     Tulis kembali ide atau informasi dengan kalimat yang berbeda

4.   Kinestetic atau Tactile Learner (K)
Berdasarkan definisi, modalitas ini mengarah pada pengalaman dan latihan (simulasi atau nyata, meskipun pengalaman tersebut melibatkan modalitas lain. Hal ini mencakup, simulasi, video dan film dari pelajaran yang sesuai aslinya, sama halnya dengan studi kasus, latihan dan aplikasi.
a.      Beberapa karakteristiknya adalah :
1)     Suka menyentuh segala sesuatu yang dijumpainya
2)     Sulit untuk berdiam diri
3)     Suka mengerjakan segala sesuatu dengan menggunakan tangan

b.     Media/ bahan yang cocok
1)     Menggunakan seluruh panca indera : penglihatan, sentuhan, pengecap, penciuman, pendengaran
2)     Laboratorium
3)     Kunjungan lapangan
 c.      Strategi belajar
1)     Mengingat kejadian nyata yang terjadi
2)     Masukan berbagai macam contoh untuk memudahkan dalam mengingat konsep
3)     Gunakan benda-benda untuk mengilustrasikan ide
Memaksimalkan gaya belajar yang dimiliki dengan cara belajar sesuai dengan gaya belajar masing-masing akan membuat seseorang dapat ,memperoleh prestasi belajar yang baik.
Referensi:

Andhira. Raisya. 2012. “Gaya Belajar”. (http://raisyaandhira.blogspot.com/2012/12/gaya-belajar.html)

2 comments: