Evaluasi
merupakan hal yang penting dilaksanakan dalam melaksanakan program pembelajaran
agar dapat mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang
disampaikan dan untuk mengetahui juga efektifitas program pembelajaran yang
digunakan. Selain itu Evaluasi juga berfungsi sebagai alat ukur apakah tujuan
pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya sudah tercapai atau belum dan
juga apakah materi pembelajaran yang telah disampaikan sudah dimengerti atau
belum. Evaluasi pada dasarnya bukanlah hasil, melainkan sebuah proses yang berlangsung selama
program pembelajaran tersebut berlangsung.
Dalam
melaksanakan kegiatan evaluasi, tentunya kita harus mengacu pada prosedur yang sudah ada.
Prosedur evaluasi pembelajaran merupakan tahap-tahapan atau tata urutan yang
harus dilakukan dalam melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran. Secara garis
besar, prosedur-prosedur dalam melakukan evaluasi akan dijelaskan secara
singkat yang meliputi :
1.
Penyusunan
Rancangan
Langkah-langkahnya
meliputi:
a.
Menyusun
latar belakang, yang berisikan dasar
pemikiran dan/atau rasional penyelenggaraan evaluasi.
b.
Problematika,
yang berisikan rumusan permasalahan atau
problem yang akan dicari jawabannya baik secara umum maupun terinci.
c.
Tujuan
evaluasi, merupakan rumusan yang sesuai
dengan problematika evaluasi pembelajaran, yakni perumusan tujuan umum dan
tujuan khusus.
d.
Populasi
dan sample, yakni sejumlah komponen pembelajaran yang dikenai evaluasi
pembelajaran dan/atau yang dimintai informasi dalam kegiatan evaluasi
pembelajaran.
e.
Instrumen
Evaluasi. Instrumen adalah semua jenis alat pengumpulan informasi yang
diperlukan sesuai dengan teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam evaluasi
pembelajaran. Sumber data adalah dokumen, kegiatan, atau orang yang dapat
memberikan informasi atau data yang diperlukan.
f.
Teknik
analisis data, yakni cara/teknik yang digunakan untuk menganalisis data yang
disesuaikan dengan bentuk problematika dan jenis data.
2.
Penyusunan
Instrumen
Langkah-langkah penyusunan instrumen.
a.
Merumuskan
tujuan yang akan dicapai dengan instrumen yang akan disusun;
b.
Membuat
kisi-kisi yang mencanangkan tentang perincian variabel dan jenis instrument
yang akan digunakan untuk mengukur bagian variabel yang bersangkutan;
c.
Membuat
butir-butir instrument evaluasi pembelajaran yang dibuat berdasarkan kisi-kisi;
dan
d.
Menyunting
instrumen evaluasi pembelajaran yang meliputi, mengurutkan butir menurut sistematika yang
dikehendaki evaluator untuk mempermudah pengolahan data, menuliskan petunjuk
pengisian dan indentitas serta yang lain, dan membuat pengantar pengisian
instrument.
3.
Pengumpulan
Data
Dalam
pengumpulan data dapat diterapkan berbagai teknik pengumpulan data diantaranya.
a.
Kuesioner;
b.
Wawancara;
c.
Pengamatan;
d.
Studi
Kasus.
4.
Analisis
Data dan Informasi
Dalam
kegiatan evaluasi pemebelajaran, analisis data yang paling banyak dilaksanakan
adalah analisis deskriptif kualitatif yang ditunjang oleh data-data kuantitatif
hingga menghasilkan informasi yang berguna.
5.
Penyusunan
Laporan
Dalam
laporan evaluasi pembelajaran harus berisikan pokok-pokok berikut.
a.
Tujuan
evaluasi;
b.
Problematika;
c.
Lingkup
dan Metodologi evaluasi pembelajaran;
d.
Pelaksanaan evaluasi pembelajaran;
e.
Hasil evaluasi Pembelajaran.
Dengan menerapkan tata urutan atau
tahapan-tahapan dalam melaksanakan kegiatan evaluasi terhadap hasil belajar ini,
diharapkan proses evaluasi yang dilakukan akan berhasil dan sesuai dengan kondisi real dari siswa serta
mampu dipertanggungjawabkan hasilny. Sehingga dapat dijadikan tolok ukur untuk meningkatkan
kegiatan belajar menjadi lebih optimal.
Author,
Panji
Untoro
NIM
1102413091
Editor,
Halimatus
Syadiyah
NIM
1102413088
0 komentar:
Post a Comment