Oleh Annisa Tri Wahyuningsih
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
Perencanaan pembelajaran yang di buat oleh guru
sebelum melaksanakan proses pembelajaran, yang lebih kita kenal dengan istilah
RPP atau Rencana Pelaksanaan pembelajaran. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang
menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran
untuk mencapai satu kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan
dalam silabus. Ringkasnya
RPP adalah rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau
beberapa KD dalam setiap tatap muka di dalam
kelas.
RPP berupa kegiatan konkret langkah demi langkah
yang dilakukan oleh guru di kelas dalam
mendampingi pembelajaran degan
peserta didik. Satu hal yang amat
penting dalam penyusunan RPP adalah bahwa
kegiatan pembelajaran harus diarahkan agar
berfokus pada peserta didik, sedangkan guru
berperan sebagai pendamping, fasilitator.
Artinya, ketika guru memilih pendekatan, metode,
materi, pengalaman belajar, interaksi belajar
mengajar harus memungkinkan peserta didik
berinteraksi dan aktif, sedang guru
memfasilitasi dan mendampinginya.
Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan
rumusan-rumusan tentang apa yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik
dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan atau kompetensi dasar yang
telah ditentukan, sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan.
Proses pengembangan perencanaan pembelajaran terkait erat
dengn unsur-unsur dasar kurikulum yaitu tujuan materi pelajaran, pengalaman
belajar dan penilaian hasil belajar. Perangkat yang harus dipersiapkan dalam perencanaan
pembelajaran adalah: (a) memahami kurikulum; (b) menguasai bahan ajar; (c)
menyusun program pengajaran; (d) melaksanakan program pengajaran dan (e)
menilai program pengajaran dan hasil proses belajar mengajar yang telah
dilaksanakan.
Dalam perencanaan pembelajaran sampai saat ini masih
mempergunakan pendekatan sistem, artinya perencanaan pembelajaran merupakan
kesatuan utuh yang memiliki komponen (tujuan, materi, pengalaman belajar dan
evaluasi) yang satu sama lain saling berinteraksi.
Mengapa guru perlu membuat RPP? Alasan
yang pertama, dapat mengidentifikasi
berbagai keperluan untuk pencapaian tujuan pelajaran. Kedua, bagi
guru pemula akan dapat sangat membantu dalam melatih diri dalam rangka
mempersiapkan rencana pembelajaran yang maksimal sesuai dengan kurikulum. Ketiga, kemudian lebih melatih
sikap kita untuk tegas
dalam berfikir, serta Menghindari
kelupaan dan kekhilafan agar
masalah-masalah yang ada pada
saat proses pembelajaran dapat dihindari dan di minimalisir sejak dini.
0 komentar:
Post a Comment