Thursday, October 9, 2014

KOMPONEN-KOMPONEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Oleh Nabela Ilma Yenisa
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
                Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban untuk menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan teratur, inspiratif, menyenangkan dan dapat memotivasi anak untuk ikut aktif dalam pembelajaran yang berlangsung serta agar dapat memberikan ruang bagi anak dalam menyalurkan kreativitas, kemandirian, bakat dan juga minat yang dimilikinya. RPP disusun untuk setiap kompetensi dasar (KD) yang dapat dilaksanakan  dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru membuat RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan jadwal pada satuan pendidikan. Dalam penyusunan RPP berikut komponen-komponen yang harus diperhatikan :
1.      Identitas mata pelajaran
Identitas mata pelajaran meliputi satuan pendidikan, kelas, semester, program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran dan jumlah pertemuan.
2.      Standar kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampun minimal siswa yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan semester pada suatu mata pelajaran.
3.      Kompetensi dasar
Kompetensi dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran tetentu.
4.      Indikator pencapaian kompetensi
Indikator kompetensi merupakan perilaku yang dapat diukur untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikataor pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional  yang dapat diamtai dan diukur yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan.
5.      Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarakan proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai siswa sesuai dengan kompetensi dasar.
6.      Materi ajar
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosesur yang relevan dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
7.      Alokasi waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
8.      Metode pembelajaran
Metode pembelajaran digunakan guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa mencapai seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
9.      Kegiatan pemebelajaran
Kegiatan pembelajaran dibagi menjadi 3, yaitu :
a.       Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pembelajaran yang ditunjukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. 
b.      Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD.Kegiatan pembelajaran dilakukan secara teratur, inspiratif, menyenangkan dan dapat memotivasi anak untuk ikut aktif dalam pembelajaran yang berlangsung serta agar dapat memberikan ruang bagi anak dalam menyalurkan kreativitas, kemandirian, bakat dan juga minat yang dimilikinya.
c.       Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengkahiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik dan tindak lanjut.
10.  Penilaian hasil belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
11.  Sumber belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian komptensi.

0 komentar:

Post a Comment