Thursday, October 9, 2014

Teori Pembelajaran Sebagai Pedoman Pembelajaran



Didalam kegiatan belajar mengajar disekolah tentunya terjadi sebuah interaksi komunikasi memberikan informasi antara guru dengan siswa. Proses interaksi tersebut terjadi sebuah proses pembelajaran. Belajar akan dikatakan baik jika sebuah informasi yang disampaikan oleh pengirim informasi terhadap penerima tersampaikan dengan sempurna. Saat penyampaian informasi tersebut tentunya guru membutuhkan sebuah inovasi dalam penyampaiannya. Dan perlu disadari bahwa yang kita hadapi dalam hal ini siswa adalah benda hidup dan tidak kita ketahui sepenuhnya apakah informasi tersebut tersampaikan dengan sempurna.

Agar sebuah informasi yang diberikan sempurna terhadap siswa tentunya guru memiliki cara tersendiri dan harus didasari pada kaidah proses pembelajaran. Pembelajaran berlangsung sempurna juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, siswa, sarana dan prasarana dan bahkan guru itu sendiri harus memiliki integritas. Namun yang paling terpenting dari semua itu adalah guru harus mengetahui teori didalam proses pembelajaran, ini dimaksudkan agar semua informasi yang diberikan dapat tersampaikan secara baik. Teori-teori ini akan sangat bermanfaat bagi guru dan murid itu sendiri, karena setiap karakter siswa berbeda-beda dan disini guru harus pandai didalam memilih teori pembelajaran yang baik dan tentunya harus didasari pada kurikulum yang berlaku dinegaranya.

Disini akan membahas tentang teori pembelajaran. Teori pembelajaran itu berorientasi pada penerapan prinsip-prinsip teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam usaha mencapai tujuan belajar.Sebelum membahas lebih jauh tentang teori pembelajaran, alangkah baiknya kita ketahui bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan ,penguasaan kemahiran dan tabiat , serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dijalani sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku kapanpun dan dimanapun.

Tekanan utama didalam teori pembelajaran yakni bahwa Belajar merupakan suatu kumpulan proses yang bersifat individual, yang merubah stimuli yang datang dari lingkungan seseorang kedalam sejumlah informasi yang selanjutnya dapat menyebabkan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang. kemampuan yang merupakan hasil belajar dapat dikategorikan bersifat praktis dan teoritis. Kejadian-kejadian dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses belajar dapat dikelompokkan kedalam kategori-kategori umum, tanpa memperhatikan hasil yang diharapkan. Teori pembelajaran akan dibagi dengan berbagai teori-teori atau dapat dikatakan didalam teori pembelajaran akan ada teori-teori yang dapat membantu dalam peroses pembelajaran dan teori-teori tersebut akan kami bahas dalam tulisan berikutnya.


Writer :
Adytya Wahyu Prasetyo - 1102413112
 
Editor :
Hadi Noviyanto - 1102413092

0 komentar:

Post a Comment