Thursday, October 9, 2014

MANFAAT EVALUASI PEMBELAJARAN




Manfaat bagi siswa
Pertama, apabila siswa memperoleh hasil yang memuaskan dan sesuai dengan harapan mereka akan membuat siswa merasa senang dan bangga. Dengan adanya perasaan senang dan bangga dapat menjadikan siswa memiliki motivasi tinggi untuk belajar lebih giat lagi agar memperoleh hasil yang lebih memuaskan. Namun disisi lain hal ini dapat pula membuat siswa cepat merasa puas atas apa yang telah diperolehnya.
Kedua, apabila siswa memperoleh hasil yang tidak memuaskan hal ini dapat dijadikan sebagai tombak acuan untuk siswa berusaha lebih giat lagi dalam belajar, agar nantinya keadaan tersebut tidak terulang kembali. 

Manfaat bagi guru                    
Dengan adanya evaluasi ini, guru dapat mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami setiap materi yang disampaikan. Sehingga guru dapat memberi dorongan dan bantuan kepada siswa yang belum menguasai materi sepenuhnya hingga ia mampu menguasai materi dengan baik.
Selain itu melalui evaluasi ini, guru dapat mengetahui tepat tidaknya metode pembelajaran yang digunakannya. Apabila setelah diadakan evaluasi sebagian besar siswa memperoleh nilai yang baik, ini artinya metode yang digunakan dalam pembelajaran sudah tepat dan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Begitu pula sebaliknya, jika hasil evaluasi menunjukkan nilai yang kurang/rendah maka metode pembelajaran yang digunakan belumlah tepat.
Sekian dulu artikel dari saya kurang lebihnya mohon maaf.



Author,
A. Niam Ibna Riza

Editor,
Halimatus Syadiyah

0 komentar:

Post a Comment