Kerja praktik selalu
menjadi bagian penting dari pembelajaran beberapa mata pelajaran, khususnya
mata pelajaran sains. Namun, kerja praktik tradisional pola-resep atau dengan
selangkah-demi-selangkah bukanlah strategi belajar yang efektif.
Ada beberapa cara yang menjamin bahwa siswa-siswa
secara aktif terlibat dalam kerja praktik mereka dan bahwa mereka belajar dari
pengalaman itu. Cara –cara itu antara lain adalah;
1. Satu strategi sederhana adalah memberi para siswa
perintah-perintah dalam suatu susunan acak. Mereka diberitahu apa yang mereka
coba temukan dan kemudian diminta untuk memisahkan perintah-perintah ke dalam
susunan yang dapat dikerjakan sebelum mereka memulai eksperimen.
2. Sebelum memulai eksperimen, mereka hendaklah diminta
untuk meramalkan hasil-hasilnya. Pada waktu hasil-hasil sudah diperoleh, mereka
diminta untuk memutuskan apakah hasil-hasil sesuai atau tidak dengan
ramalan-ramalan mereka. Jika hasil-hasil sesuai dengan ramalan, maka mereka
hendaklah menjelaskan mengapa mereka mengharapkan hasil-hasil itu. Jika
hasil-hasil tidak sesuai dengan harapan, siswa hendaklah diminta untuk
memikirkan-ulang metode eksperimen untuk memutuskan apakah ramalan yang salah
atau terdapat kesalahan dalam cara pelaksanaan prosedur eksperimen.
3. Mereka dapat diberi suatu kumpulan peralatan yang
tepat dan suatu pertanyaan untuk diselidiki. Kelas dapat mendiskusikan jenis
data yang perlu dikumpulkan. Kemudian, mereka merancang prosedur eksperimennya
sendiri, mengumpulkan data dan selanjutnya menyusun suatu kesimpulan.
4.
Mereka dapat diberi
pertanyaan penelitian eksperimen terbuka (tidak terbatas), yakni diberi hanya
rincian topik yang sedang dibicarakan dan mungkin beberapa gagasan tentang
beberapa aspek topik yang akan mereka selidiki. dalam kegiatan seperti itu,
mereka perlu merumuskan hipotesis, merancang metode eksperimen, memilih
peralatan yang tepat, mengumpulkan data, mengatur data dan menyusun suatu
kesimpulan. (Soemanto Wasty, 2003: 43)
Author,
Alfan Rifqi H.
Editor,
Halimatus Syadiyah
0 komentar:
Post a Comment