1. Penentuan
tujuan evaluasi
Dalam
proses pembelajaran, sangat urgen bagi guru misalnya saja untuk mengetahui
sejauh mana penguasaan siswa dalam kompetensi tertentu. Dalam menentukan tujuan
evaluasi ini harus jelas sehingga dapat dijadikan pengembangan untuk evaluasi
selanjutnya.
2. Penyusunan
kisi-kisi soal
Langkah
selanjutnya setelah menentukan tujuan evaluasi adalah menyusun kisi-kisi soal.
Kisi-kisi ini diperlukan sebelum guru menyusun soal yang bertujuan memberikan
perincian mengenai soal-soal yang diperlukan dalam mengevaluasi.
Adapun
hal-hal yang harus diperhatikan guru dalam penyusunan kisi-kisi, antara lain:
- Pokok bahasan bidang studi yang akan dinilai
- Taraf-taraf penguasaan berbagai aspek yang akan diukur kognitif, pemahaman, penerapan, afektif, dan psikomotor
- Jumlah item setiap aspek dari setiap pokok bahasan, besarnya ditentukan oleh guru berdasarkan tingkat penguasaan yang akan dinilai
- Jumlah waktu yang diperlukan untuk mengerjakan tes tersebut
3. Telaah
dan revisi soal
Langkah
ini merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan guru, review dan revisi
soal hendaknya dilakukan oleh orang lain (selian guru pembuat soal) yang
berkompeten. Dalam telaah soal ini meliputi beberapa aspek yaitu : materi,
konstruksi, dan bahasa
Demikian
artikel mengenai langkah-langkah melakukan evaluasi belajar. Semoga bermanfaat J
Author,
A. Niam Ibna Riza
Editor,
Halimatus Syadiyah
0 komentar:
Post a Comment