Oleh : Noviana Ayu P
1102413114
Jika sebelumnya saya pernah membicarakan
metode inquiry pada mata pelajarn matematika, kali ini saya akan membahas lagi
tentang metode inquiry namun kali ini
akan coba saya jelaskan apabila metode tersebut dilakukan di luar kelas
(outdoor) dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Mengulas kembali pada artikel saya
sebelumnya bahwa inquiry memiliki maksa secara harfiah yang berarti
penyelidikan. Metode ini sangan cocok bila diterapkan dalam mata pelajar IPA
dan akan sangat menarik apabila metode tersebut dilakukan di luar kelas atau
outdoor. IPA merupakan mata pelajar yang juga membutuhkan banyak praktek untuk
pengalaman siswa. Maka dari itu perlu adanya inovasi dalam pembelajarnnya.
Berlandaskan metode inquiry, mata pelajan
IPA bisa di serap ilmunya dengan mudah bagi siswa. Seperti missal, pada bab
bagian tumbuhan apabila disampaikan hanya secara teoritik, siswa hanya mampu
menghafal bukan menguasi ilmu tersebut. Jika diterapkan menggunakan metode
inquiry, bab tersebut bisa dilakukan dilapangan dengan cara menyelidiki
bagaimana struktur tumbuh-tumbahan. Dengan demikian siswa akan memiliki
pengalaman langsung dengan hal tersebut, yang kemudian akan dengan mudah diingat oleh siswa karna
merupakan bagian dari pengalamannya.
Sebenarnya
apapun metode pembelajarnnya, akan efektif jika guru mampu menguasi siswa dan
juga menguasai materi nya. Guru juga harus kreatif dalam penyamainnya, mencari
hal-hal yang mampu membuat siswa menyerap dengan mudah bagaimana ilmu yang
seharusnya dikuasai itu. Editor : Agus Adi R || 1102413093
0 komentar:
Post a Comment