Sunday, January 11, 2015

METODE INQUIRY DALAM PEMBELAJAJARAN OUTDOOR



Oleh : Noviana Ayu P
1102413114

Jika sebelumnya saya pernah membicarakan metode inquiry pada mata pelajarn matematika, kali ini saya akan membahas lagi tentang  metode inquiry namun kali ini akan coba saya jelaskan apabila metode tersebut dilakukan di luar kelas (outdoor) dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Mengulas kembali pada artikel saya sebelumnya bahwa inquiry memiliki maksa secara harfiah yang berarti penyelidikan. Metode ini sangan cocok bila diterapkan dalam mata pelajar IPA dan akan sangat menarik apabila metode tersebut dilakukan di luar kelas atau outdoor. IPA merupakan mata pelajar yang juga membutuhkan banyak praktek untuk pengalaman siswa. Maka dari itu perlu adanya inovasi dalam pembelajarnnya.
Berlandaskan metode inquiry, mata pelajan IPA bisa di serap ilmunya dengan mudah bagi siswa. Seperti missal, pada bab bagian tumbuhan apabila disampaikan hanya secara teoritik, siswa hanya mampu menghafal bukan menguasi ilmu tersebut. Jika diterapkan menggunakan metode inquiry, bab tersebut bisa dilakukan dilapangan dengan cara menyelidiki bagaimana struktur tumbuh-tumbahan. Dengan demikian siswa akan memiliki pengalaman langsung dengan hal tersebut, yang kemudian  akan dengan mudah diingat oleh siswa karna merupakan bagian dari pengalamannya.
Sebenarnya apapun metode pembelajarnnya, akan efektif jika guru mampu menguasi siswa dan juga menguasai materi nya. Guru juga harus kreatif dalam penyamainnya, mencari hal-hal yang mampu membuat siswa menyerap dengan mudah bagaimana ilmu yang seharusnya dikuasai itu.    

Editor : Agus Adi R  ||  1102413093

0 komentar:

Post a Comment