Sunday, January 11, 2015

METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA (bagian 8)



Oleh : Noviana Ayu P
1102413114

Dalam kehidupan kita pasti dihadapkan suatu masalah yang menuntut kita pada mencari pemecahan solusinya. Namu  itulah yang menjadikan kita dewasa. Begitu pula dengan metode pemecahan masalah yang menuntut kita untuk mencari pemecahan masalahnya. Seperti yang pernah dikemukakan oleh Gagne (1985), kalau seorang peserta didik dihadapkan pada suatu masalah, yang pada akhirnya  mereka bukan hanya sekedar  memecahkan masalah, tetapi  juga  belajar sesuatu yang baru.
Pemecahan masalah sangat memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti misalnya adanya soal-soal matemaika yang diberikan kepada siswa adalah bentuk soal yang baru, pastilah siswa dituntut untuk mencari pemecahan masalahnya agar mampu dikerjakan. Berawal dari situ siswa mendapatkan hal baru dalam cara mengrjakan soal tersebut. Dan pastilah guru sebagai sumber informasi memberi arahan bagi siswanya agar mampu menemukan pemecahan masalahnya. Hal ini bertujuan agar pembelajaran dapat berlangsung secara fleksibel.
Beberapa ahli mengemukakan berbagai pendapat mengenai langkah-langkah dalam melakukan pemecahan masalah, meskipun demikian pada dasarnya cara yang dimekukan adalah sama. Berdasarkan hal itulah, saya menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode pemecahan masalah harus melalui enam langkah.
Pertama, siswa merasakan masalah-masalah yang potensial, yang pastinya masalah itu masih sagat asing bagi mereka. Kedua, merumuskan masalah. Siswa mencari sebuah permasalah dalam soal, sebenarya yang menjadi masalah dalam soal tersebut itu apa. Ketiga, mencari jalan keluar. Apabila siswa sudah mengetahui sebenarnya apa yang menjadi masalah dalam soal tersebut, siswa baru akan mengetahui apa yang seharusnya dilakukan untuk menyelesaikan hal tersebut. Keempat, memilih jalan keluar yang tepat. Kelima, melaksanakan pemecahan masalah dimana pada tahap ini siswa mulai mengerjakan soal. Dan yang keenam adalah dimana tugas guru mengkoreksi apakah pekerjaan siswa sudah tepat atau belum.

Editor : Agus Adi R  ||  1102413093

0 komentar:

Post a Comment