Wednesday, December 31, 2014

Urgensi Motivasi dalam Suatu Pembelajaran

oleh : Novita Handayani
Belajar pada seorang peserta didik merupakan kegiatan rutin yang hampir dilakukan setiap hari dimanapun dan kapanpun peserta didik berada. Namun pada setiap kegiatan tersebut tergantung pada minat dan keinginan masing-masing individu. Selain minat, motivasi juga turut andil dalam kegiatan tersebut. Hal ini akan berpengaruh pada tujuan peserta didik dalam belajar, yakni untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh Karena itu, kita sebagai pendidik harus memberikan motivasi kepada peserta didik agar peserta didik dapat mencapai tujuan pendidikan dengan baik.

Motivasi diartikan sebagai tujuan yang ingin dicapai melalui perilaku tertentu. Dalam hal ini, peserta didik akan berusaha untuk mencapai suatu tujuan karena dirangsang oleh manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh. Motivasi peserta didik tercermin melalui ketekunan yang tidak mudah patah untuk mencapai sukses, meskipun dihadang oleh berbagai kesulitan atau rintangan. Beberapa penelitian tentang prestasi belajar siswa menunjukan motivasi sebagai factor yang banyak berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Pentingnya motivasi untuk peserta didik diantaranya adalah untuk menyadarkan kedudukan pada awal, proses, dan hasil akhir; menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar; mengarahkan kegiatan belajar; membesarkan semangat belajar; serta menyadarkan tentang adanya perjalanan belajar dan kemudian bekerja. Sedangkan untuk pendidik, manfaat motivasi diantaranya adalah untuk membangkitkan, meningkatkan, dan memelihara semangat peserta didik untuk belajar sampai akhir; mengetahui dan memahami motivasi belajar pesrta didik di kelas; meningkatkan dan menyadarkan pendidik untuk memilih satu diantara bermacam-macam peran; memeri peluang pendidik untuk “unjuk kerja”.

0 komentar:

Post a Comment