Wednesday, December 31, 2014

Tahap proses pembelajaran


pelaksanaan pembelajaran harus sesuai dengan proses realisasi pelaksanaan pembelajaran itu sendiri. Pelaksanaan pembelajaran merujuk pada yang biasa disebut rancangan proses pembelajaran namun pada pelaksanaannya ada pula mengalami kendala dan kendala-kendala tersebut biasanya dipengaruhi oleb beberapa faktor dinantaranya:
faktor peserta didik, peserta didik adalah objek dimana guru dapat melakukan proses pembelajaran, peserta didik terkadang sulit dalam menerima proses pembelajaran sehingga aktifitas tidak berjalan. Peserta didik yang nantinya akan menerima apa saja yang diberikan oleh guru. Ini semata-mata guna terlaksananya proses pembelajaran yang berlangsung sebagai mestiya.
faktor guru/tenaga pengajar, guru adalah aktor dalam aktifitas pembelajaran yang berlangsung baik didalam kelas maupun diluar kelas, guru dirasa sangat penting karena guru adalah panutan siswa. Guru juga yang merangkai seluruh kegiatan pembelajaran. Semua itu tentunya merujuk pada sistem pendidikan nasional yang tercantum pada UU no 20 tahun 2003. 
faktor kurikulum, Seperangkat rencana  yang mencakup tujuan Bahan kajian, metode, media, dan sistem evaluasi kegiatan pembelajaran. ( sebagai rencana ). Semua aktivitas belajar siswa yang berada dibawah tanggung jawab sekolah. ( sebagai proses). Kurikulum ini sangat kompleks. Karena kurikulum dibuat sesuai dengan kemauan masyarakat dan perubahan zaman jadi posisi kurikulum juga penting dan faktor yang penting pula dalam proses pembelajaran
faktor sarana dan prasarana, sarana dan prasarana adalah pendukung didalam proses kegiatan belajar mengajar. Banyak bentuk dari sarana dan prasarana diantaranya guru, buku, meja, kursi, ruang kelas, media baik cetak tulis maupun elektronik, dan masih banyak lagi sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Faktor ini menjadi enting karena sebagai pendukung serta penuntun dalam proses pembelajaran.
faktor lingkungan, lingkungan adalah daerah dimana kita menempati, lingkungan yang baik akan menentukan produk yang baik. Jika lingkungan sekolah diperuntukan didalam lingkungan seperti pasar, mall, dan tempat keramaian lainnya maka proses belajar mengajar terhambat karena kebisingan itu. Maka dari itu lingkungan masuk kedalam faktor didalam proses pembelajaran. Lingkungan yang kumuh dan tidak terpelihara juga akan menimbulkan pembelajaran yang tidak nyaman.
Itulah berbagai faktor didalam proses pembelajaran bahwa peserta didik, guru, kurikulum, sarana dan prasarana, serta lingkungan mempengaruhi proses pembelajaran yang berlangsung baik itu didalam ruangan maupun diluar ruangan. Demikian yang bisa saya tuliskan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Dan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Salam sukses.

Aditya Wahyu Prasetyo



0 komentar:

Post a Comment