pelaksanaan pembelajaran harus sesuai dengan
proses realisasi pelaksanaan pembelajaran itu sendiri. Pelaksanaan pembelajaran
merujuk pada yang biasa disebut rancangan proses pembelajaran namun pada
pelaksanaannya ada pula mengalami kendala dan kendala-kendala tersebut biasanya
dipengaruhi oleb beberapa faktor dinantaranya:
faktor peserta didik, peserta didik adalah
objek dimana guru dapat melakukan proses pembelajaran, peserta didik terkadang
sulit dalam menerima proses pembelajaran sehingga aktifitas tidak berjalan.
Peserta didik yang nantinya akan menerima apa saja yang diberikan oleh guru.
Ini semata-mata guna terlaksananya proses pembelajaran yang berlangsung sebagai
mestiya.
faktor guru/tenaga pengajar, guru adalah aktor
dalam aktifitas pembelajaran yang berlangsung baik didalam kelas maupun diluar
kelas, guru dirasa sangat penting karena guru adalah panutan siswa. Guru juga
yang merangkai seluruh kegiatan pembelajaran. Semua itu tentunya merujuk pada sistem
pendidikan nasional yang tercantum pada UU no 20 tahun 2003.
faktor kurikulum, Seperangkat rencana yang mencakup tujuan Bahan kajian, metode,
media, dan sistem evaluasi kegiatan pembelajaran. ( sebagai rencana ). Semua
aktivitas belajar siswa yang berada dibawah tanggung jawab sekolah. ( sebagai
proses). Kurikulum ini sangat kompleks. Karena kurikulum dibuat sesuai dengan
kemauan masyarakat dan perubahan zaman jadi posisi kurikulum juga penting dan
faktor yang penting pula dalam proses pembelajaran
faktor sarana dan prasarana, sarana dan
prasarana adalah pendukung didalam proses kegiatan belajar mengajar. Banyak
bentuk dari sarana dan prasarana diantaranya guru, buku, meja, kursi, ruang
kelas, media baik cetak tulis maupun elektronik, dan masih banyak lagi sarana
dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Faktor ini menjadi enting
karena sebagai pendukung serta penuntun dalam proses pembelajaran.
faktor lingkungan, lingkungan adalah daerah
dimana kita menempati, lingkungan yang baik akan menentukan produk yang baik.
Jika lingkungan sekolah diperuntukan didalam lingkungan seperti pasar, mall,
dan tempat keramaian lainnya maka proses belajar mengajar terhambat karena
kebisingan itu. Maka dari itu lingkungan masuk kedalam faktor didalam proses
pembelajaran. Lingkungan yang kumuh dan tidak terpelihara juga akan menimbulkan
pembelajaran yang tidak nyaman.
Itulah berbagai faktor didalam proses
pembelajaran bahwa peserta didik, guru, kurikulum, sarana dan prasarana, serta
lingkungan mempengaruhi proses pembelajaran yang berlangsung baik itu didalam
ruangan maupun diluar ruangan. Demikian yang bisa saya tuliskan semoga dapat
bermanfaat bagi pembaca. Dan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Salam
sukses.
Aditya Wahyu Prasetyo
0 komentar:
Post a Comment