Wednesday, December 31, 2014

Pentingnya guru mengerti teori pembelajaran


Guru secara pemahaman orang jawa adalah digugu dan ditiru yang berarti bahwa dipercaya dan diikuti. Secara konstektua guru adalah subjek yang dipercaya untuk mempengaruhi pembelajaran baik dari segi akademis maupun dari segi karakter yang semuanya dibutuhkan keahlian khusus. Keahlian ini tidak bisa didapatkan dengan begitu saja ada pembelajaran yang berkelanjutan dan perlunya praktek langsung dilapangan semuanya dilakukan dibangku perkuliahan yang bertujuan menjadi guru unutk mendidik peserta didik. Pemahaman agar peserta didik mengerti apa yang disampaikan seorang guru adalah cara mengajar yang efektif dan efisien yang berati bahwa guru daharuskan memberikan penyampaian materi yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa ini semua dibutuhkan kemampuan khusus dan kemampuan itu tiak bisa hanya dilakukan hanya membaca artikel ini saja perlu banyaknya masukan praktik dan pengalaman dalam pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru.
Teori pembelajaran adalah induk utama dari sebuah pembelajaran apapun latarbelakang guru baik mengajar akademik maupun non akademik perlu dan dirasa penting untuk memahami teori pembelajaran. Mengapa demikian? Ya, karena seorang pendidik harus memiliki modal teknik dan cara untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan hal ini dimulai dari sebuah pemahaman teori yakni teori pembelajaran yang nantinya akan berkembang menjadi model-model pembelajaran yang penerepannya tidak jauh dari teori pembelajaran. Jadi secara singkat perlu adanya pemahaman terlebih dahulu mengenai teori pembelajaran yang selanjutnya merambah ke model-model pembelajaran.
Menjadi guru yang baik adalah tidak mudah karena yang kita ajarkan adalah manusia yang mana adalah makhluk hidup. Berbeda jika yang kita ajar robot hanya diperintah ini dan itu langsung mengikuti. Manusia sejatinya diperuntuhkan untuk menjadi pribadi yang berkarakter baik. Jadi bagaimanapun juga guru harus mementingkan hal itu disamping nilai-nilai akademis. Menjadi guru harus mengacu pada makna “ing ngarso sun tulodho, ing madya mangun karso, tut wuri handayani” yang bermakna bahwa didepan memberikan contoh, ditengah-tengah memberikan bimbingan dan semangat, dibelakang memberikan motivasi. Jadi jelaslah bahwa peran guru tidak jauh beda dengan peran orang tua. Jadi guru haruslah memaknai asas tersebut agar mengerti bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk mengubah karakter seorang siswa menjadi yang lebih baik.
Jadi bahwa teori pembelajaran sangat penting dipahamai oleh seorang guru itu semua guna menjadikan guru yang profesional yang efektif efisien sesuai yang diharapkan oleh siswa. Agar terlaksananya model pembelajaran yang menarik bagi siswa dan itu juga akan menjadikan guru yang mengerti dan memahami harus berbuat apa untuk siswanya serta membentuk karakter siswa sesuai dengan kaidah yang sebenarnya. Guru digudu dan ditiru layaknya orang tua sebagaimana orang jawa mengatakan dalam asas ing ngarso sun tuladha, ing madya mangun karso, tutwuri handayani.
Aditya Wahyu Prasetyo

0 komentar:

Post a Comment