Wednesday, December 31, 2014

Guru juga pelu belajar


Guru adalah kata yang tidak asing bagi siapapun itu, karena guru adalah tugas yang seharusnya besar karena membentuk karakter bangsa. Bangsa diduduki manusiaa sedangkan manusia sebaagian besar dididik oleh seorang guru hingga membentuk karakter dari individu itu sendiri. Dinegara dengan pendidikan kualitas wahid seperti firlandia, jerman dan kanada guru adalah profesi yang banggakan maka dari itu menjadi seorang guru sangat sulit seleksinya. Bahkan dijepang setelang bom hirosima nagasaki hingga menghabiskan wilayah yang tidak sedikit pemerintah jepang hanya menanyakan seberapa banyak guru yang hidup. Jadi begitu fundamentalnya seorang guru dalam membangun negeri dengan karakter yang luar biasa ini akan membuat negara yang besar dan berdikari.
Guru belajar tidak hanya lulus dari perguruan tinggi lolos seleksi CPNS dan kemudian mengajar sampai habis masa pensiun. Guru juga perlu pengalaman, pengalaman disini bukan satu pengalaman yang diulang selama berpuluh-puluh tahun namun berbagai pengalaman. Jadi guru juga perlu dan harus belajar banyak. Karena selama hidup disitulah manusia harus belajar karena jika manusia hidup tanpa belajar sama halnya dengan hidup serasa mati. Lantas apa yang dipelajarai dari seorang guru? Ya guru memang dari segi kemampuan akadeis sudah handal namun dalam pembelajaran dikelas maupun diluar kelas perlu adanya inovasi guna tercapainya pemahaman isi dari materi yang disampaikan.
Isi dari sebuah materi pembelajaran sesungguhnya tidak penting tapi hal yang penting adalah metode dalam pembelajaran atau bahasa yang leboh dipahami, cara dalam menyampaikan materi yang harus banyak pengalaman dan pembelajaran dari seorang guru. Lalu apa yang harus dilakukan? Langkah awal agar terjadinya pembelajaran yang menarik asik dan mudah serta masuk dan diterima oleh siswa adalah guru perlu tau dan paham tentang teori dari pembelajaran itu sendiri dan paham mengenai apa itu belajar terlepas dari kurikulum yang berlaku. Belajar itu sendiri adalah proses yang mengakibatkan berubahnya perilaku dari hal yang baik menjadi lebih baik lagi. Sedangkan teori pembelajaran adalah merupakan penerapan prinsip-prinsip teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam usaha mencapai tujuan belajar.
Jadi jelaslah bahwa guru perlu adanya belajar lebih lanjut mengenai bagaimana cara proses penyampaian pembelajaran yang menarik, asik, dan disukai anak serta masuk dalam pemahaman setiap individu. Guru adalah aset bangsa yang harus perlu banyaknya evaluasi itu dimaksudkan untuk membentuk negara yang lebih baik lagi kedepannya karena, ditangan guru inilah karakter ditentukan. Guru perlu harus banyak belajar tidak hanya didalam aspek akademis saja namun pada hal hal yang penting seperti penyampaian materi yang menarik, asik, dan disukai anak serta masuk dalam pemahaman siswa.
Aditya Wahyu Prasetyo



0 komentar:

Post a Comment