Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi
menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media pembelajaran adalah sebuah alat yang
berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran yaitu
proses komunikasi antara pengajar, pembelajar, dan bahan ajar. Banyak batasan
atau pengertian yang dikemukakan para ahli mengenai media, diantaranya adalah:
Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Asosociation of Education and
Communication Technology (AECT).
Dari penjelasan diatas, secara umum dapat dikatakan bahwa
substansi dari media pembelajaran adalah bentuk saluran, yang digunakan untuk
menyalurkan pesan, informasi atau bahan pelajaran kepada penerima pesan atau
pembelajar dapat pula dikatakan bahwa media pembelajaran adalah
berbagai jenis komponen dalam lingkungan dalam lingkungan pembelajar yang dapat
merangsang pembelajar untuk belajar.
Teori pembelajaran merupakan penerapan prinsip-prinsip teori tingkah laku, teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam usaha mencapai tujuan belajar. Membicarakan tentang
prinsip-prinsip yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah praktis di dalam
pembelajaran, dan bagaimana menangani situasi praktis yang terdapat dalam
kehidupan sehari-hari.
Menurut Begge (1982:1-2), belajar adalah suatu perubahan yang berlangsung
dalam kehidupan individu sebagai upaya perubahan dalam pandangan, sikap,
pemahaman atau motivasi dan bahkan kombinasi dari semuanya. Belajar selalu
menunjukkan perubahan sistematis dalam tingkah laku yang terjadi sebagai
konsekwensi pengaalaman dalam situasi khusus.
Bagaimana jika kedua unsur tersebut digambung, dalam arti
media dan teori pembelajaran digabung? Ya, pada dasarnya teori pembelajaran
adalah tolok ukur dalam mengembangkan proses pembelajaran seperti halnya
mengembengkan model dalam pembelajaran dan media pembelajaran jadi sah saja dan
bisa dikatakan luar biasa apabila kedua unsur tersebut yang sebenarnya satu
arah digabung. Karena kedua unsur tersebut tujuannya sama yakni menjadikan
pembelajaran yang menarik dan pesan yang disampaikan tersampaikan dengan baik.
Media berbagai macal hal begitu juga dengan teori, media
membantu guru dan siswa memahami proses pembelajaran begitu juga media membuat
pembelajran menjadi menarik tidak monoton dan siswa diarahkan untuk belajar
yang bisa dikatakan serius. Sah saja jika kedua unsur tersebut digabung dan dirasa
menjadi bagus dan baik. Seperti kita tau bahwa tidak cukup hanya dengan teori
saja perlu adanya praktek dan praktek tersebut ditambah dengan media yang
semuanya itu dimaksudkan untuk merubah serta menjadikan proses pembelajaran
yang menarik.
Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan proses
pembelajaran yang tidak hanya dengan itu-itu saja perlu adanya inovasi dan
pemanfaatan seperti halnya media dan itu tidak hanya didalam media elektronik
saja media-media yang lain pun sah saja jika dimanfaatkan untuk pembelajaran
Aditya Wahyu Prasetyo
0 komentar:
Post a Comment