Wednesday, December 31, 2014

Siswa butuh teori ini


Siswa terkadang dalam proses pembelajaran mengalami beberapa kendala dalam pembelajarannya. Ini tidak dipungkiri dan banyak beberapa faktor yang menyebabkan tidak hanya dari faktor individu saja namun faktor ligkungan, faktor guru, faktor kondisi dan bahkan faktor dari penyampaian materi yang disampaikan guru tersebut. Materi yang akan disampaikan memang penting namun cara yang penyampaiannya menjadi lebih penting karena akan terasa percuma jika penyampaian materi monoton ini akan berakibat siswa bosan memperhatikan guru dalam proses pembelajaran. Belajar setiap siswa memang berbeda-beda akan tetapi proses awal penyampaian informasi dalam hal ini materi yang disampaikan guru menjadi modal awal siswa untuk mengembangkan pola berfikir yang lebih jauh lagi jadi siswa perlu adanya teori yang dapat mengembangkan proses belajarnya dan teori tersebut diterapkan oleh guru.

Teori adalah bentuk awal untuk menunjang proses implementasi yang lebih baik, tidak akan maksimal jika hanya teori saja yang berjalan perlu adanaya implementasi atau penerapan. Karena keduanya sangat berkaitan satu sama lain tidak bisa dikotomikan atau dipisahkan. Lantas teori apa, yang dimaksud dalam artikel ini? Ya karena permasalahan inti adalah proses belajar yang monoton maka teori yang pas dilakukan oleh guru namun dibutuhkan siswa adalah teori pembelajaran. Teori pembelajaran merupakan suatu kumpulan prinsip-prinsip yang terintegrasi dan yang mmberikan perskripsi untuk mengatur situasi atau lingkungan belajar sedemikin rupa sehingga dapat membantu siswa mencapai tujuan belajarnya dengan mudah.

Teori pembelajaran sangat penting guna menunjang implementasi pembelajaran yang efektif menarik dan terkesan tidak monoton ada banyk fariasi mengenai teori pembelajaran itu sendiri, yang semuanya dimaksudkan untuk merubah perilaku siswa dan menambah wawasan. Pembelajaran terkadang menjadi bosan dan siswa mulai tidak memperhatikan pembelajaran yang berlangsung dimungkinkan banyak berbagai faktor salah satunya pembelajaran yang monoton. Pembelajara yang itu-itu saja membuat siswa hari-harinya hanya dipenuhi metode pembelajaran yang itu saja hanya bergati materi yang disampaikan. Materi pembelajaran memang penting namun metode penyampaian juga penting halnya karena percuma saja jika materi yang disampaikan tidak tersampaikan hanya dengan penyampaian materi yang tidak menarik dan tidak sukai oleh siswa.

Teori pembelajaran membantu guru mengatasi semua itu dan macam macam dari teori pembelajaran sangat banyak dan berfarian semuanya dimaksudkan untuk memberikan inovasi didalam pelajaran guna terciptanya pembelajaran yang menarik yang disukai oleh siswa dan guru pun tidak hanya berangkat mengajar seperti itu diulang bertahun-tahun guru pun perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran. Jadi teori ini dirasa penting bagi guru dan yang lebih penting lagi bagi siswa itu sendiri.


Aditya Wahyu Prasetyo

0 komentar:

Post a Comment