Siswa terkadang dalam proses
pembelajaran mengalami beberapa kendala dalam pembelajarannya. Ini tidak
dipungkiri dan banyak beberapa faktor yang menyebabkan tidak hanya dari faktor
individu saja namun faktor ligkungan, faktor guru, faktor kondisi dan bahkan
faktor dari penyampaian materi yang disampaikan guru tersebut. Materi yang akan
disampaikan memang penting namun cara yang penyampaiannya menjadi lebih penting
karena akan terasa percuma jika penyampaian materi monoton ini akan berakibat
siswa bosan memperhatikan guru dalam proses pembelajaran. Belajar setiap siswa
memang berbeda-beda akan tetapi proses awal penyampaian informasi dalam hal ini
materi yang disampaikan guru menjadi modal awal siswa untuk mengembangkan pola
berfikir yang lebih jauh lagi jadi siswa perlu adanya teori yang dapat
mengembangkan proses belajarnya dan teori tersebut diterapkan oleh guru.
Teori adalah bentuk awal
untuk menunjang proses implementasi yang lebih baik, tidak akan maksimal jika
hanya teori saja yang berjalan perlu adanaya implementasi atau penerapan.
Karena keduanya sangat berkaitan satu sama lain tidak bisa dikotomikan atau
dipisahkan. Lantas teori apa, yang dimaksud dalam artikel ini? Ya karena
permasalahan inti adalah proses belajar yang monoton maka teori yang pas
dilakukan oleh guru namun dibutuhkan siswa adalah teori pembelajaran. Teori
pembelajaran merupakan suatu kumpulan prinsip-prinsip yang terintegrasi dan
yang mmberikan perskripsi untuk mengatur situasi atau lingkungan belajar
sedemikin rupa sehingga dapat membantu siswa mencapai tujuan belajarnya dengan
mudah.
Teori pembelajaran sangat
penting guna menunjang implementasi pembelajaran yang efektif menarik dan
terkesan tidak monoton ada banyk fariasi mengenai teori pembelajaran itu sendiri,
yang semuanya dimaksudkan untuk merubah perilaku siswa dan menambah wawasan.
Pembelajaran terkadang menjadi bosan dan siswa mulai tidak memperhatikan
pembelajaran yang berlangsung dimungkinkan banyak berbagai faktor salah satunya
pembelajaran yang monoton. Pembelajara yang itu-itu saja membuat siswa
hari-harinya hanya dipenuhi metode pembelajaran yang itu saja hanya bergati
materi yang disampaikan. Materi pembelajaran memang penting namun metode
penyampaian juga penting halnya karena percuma saja jika materi yang
disampaikan tidak tersampaikan hanya dengan penyampaian materi yang tidak
menarik dan tidak sukai oleh siswa.
Teori pembelajaran membantu
guru mengatasi semua itu dan macam macam dari teori pembelajaran sangat banyak
dan berfarian semuanya dimaksudkan untuk memberikan inovasi didalam pelajaran
guna terciptanya pembelajaran yang menarik yang disukai oleh siswa dan guru pun
tidak hanya berangkat mengajar seperti itu diulang bertahun-tahun guru pun
perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran. Jadi teori ini dirasa penting
bagi guru dan yang lebih penting lagi bagi siswa itu sendiri.
Aditya Wahyu Prasetyo
0 komentar:
Post a Comment