Wednesday, December 31, 2014

Manfaat Kreativitas untuk Semua Hal

Oleh : Zakiyah Umaroh

Banyak yang berpikir jika kreativitas hanya dapat berguna dalam bidang seni saja. Padahal, dalam semua aspek kehidupan kita memerlukan yang namanya kreativitas. Banyak juga orang yang belum paham benar tentang arti dari kreativitas. Lalu, apa sih kreativitas itu ?
Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara konsep dan gagasan yang sudah ada. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreatif adalah tindakan memunculkan sesuatu yang baru.
Kata kunci dari kreativitas adalah “baru”. Dan disini yang dimaksud dengan baru bukanlah sesuatu yang benar-benar baru, bisa juga merupakan gabungan dari konsep dan gagasan yang sudah ada sebelumnya. Hal ini perlu ditekankan, karena jika kita salah mengartikan tentang kata “baru”, maka kita tidak akan pernah menjadi kreatif karena kita beranggapan bahwa kita tidak mungkin bisa menghasilkan sesuatu yang baru.
Manfaat kreativitas itu sendiri adalah untuk menghasilkan manfaat baru yang lebih baik dari sebelumnya. Dan hasil dari kreativitas adalah ide, gagasan, atau konsep, dan bukan benda. Benda sendiri disini merupakan kelanjutan dari hasil kreativitas kita. Dan orang kreatif adalah orang yang mampu mengasilkan ide yang banyak, sesuai dengan teori hemisphere tentang penggunaan otak yang seimbang.

0 komentar:

Post a Comment