Wednesday, December 31, 2014

Berfikir Kreatif dan Kreativitas

Oleh : Zakiyah Umaroh

Berpikir kreatif sangat erat hubungannya dengan kreativitas, karena kreativitas merupakan hasil dari proses berpikir kreatif yang dilakukan oleh seseorang. Berfikir kreatif menurut Coleman dan Hammen (Jalaludin Rakhmat, 1989) adalah berpikir yang menghasilkan metode baru, konsep baru, pengertian baru, penemuan baru dan seni baru. Orang yang berpikir kreatif akan selalu berusaha memperoleh sesuatu yang baru.
Rawlingson (1971) menjelaskan bahwa berpikir kreatif dinamakan berpikir divergen atau lateral adalah menghubungkan ide atau hal-hal yang sebelumnya tidak berhubungan. Berpikir kreatif disebut juga berpikir divergen atau lateral karena terdapat banyak jawaban yang diajukan untuk memecahkan pesoalan yang dimunculkan dan pikiran itu didorong untuk menyebar jauh dan meluas mencari pemecahan masalah.
Dalam berpikir kreatif tidak boleh terlalu cepat memberikan penilaian terhadap ide-ide yang muncul dan membuangnya meskipun ide itu kurang bagus. Untuk dapat berpikir kreatif dengan baik diperlukan keberanian dan keyakinan pada diri sendiri.

Alasan Orang Berfikir Kreatif
Orang berusaha berpikir kreatif karena adanya keinginan yang kuat pada pribadinya untuk menghasilkan sesuatu kemajuan, serta adanya kesadaran akan pentingnya sesuatu yang baru tersebut. Potensi yang dimiliki oleh manusia mendorongnya untuk mampu mengaktualisasikan diri dalam kegiatan dan kehidupan bermasyarakat, sehingga pada dasarnya setiap manusia itu bila ada kesempatan dan ada kemauan untuk menggunakan daya kreatifitasnya, ia akan berusaha melahirkan sesuatu yang baru melalui kegiatan untuk meciptakannya. Tidak mengherankan bahwa hampir tiap beberapa waktu tertentu terdapat hasil karya berpikir kreatif dari manusia yang berwujud penemuan-penemuan dalam teknologi, ilmu pengetahuan, hasil seni ataupun yang lain.

0 komentar:

Post a Comment