Wednesday, December 31, 2014

Cara Memunculkan Pemikiran yang Kreatif

Oleh : Zakiyah Umaroh

Berpikir kreatif adalah suatu cara berpikir seseorang untuk menemukan ide atau hal-hal yang baru. Hal tersebut bisa saja pengembangan dari penemuan yang sudah ada maupun penemuan yang memang benar-benar baru. Namun banyak dari kita yang belum bisa mencapai pemikiran-pemikiran yang kreatif. Nah, kira-kira apa saja ya hal-hal yang harus kita lakukan agar sebuah pemikiran yang kreatif itu muncul? Dan berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk memunculkan pemikiran yang kreatif :

Bertanya dan Mencari Jawaban
Cobalah bertanya kepada diri sendiri ataupun orang-orang terdekat kita tentang apa dan bagaimana cara mengubah sesuatu yang lebih baik? Karena dengan bertanya, kita dapat mengetahui hal-hal yang boleh kita lakukan dan yang tidak boleh kita lakukan. Dan kemudian berusaha mencari jawaban untuk memcahkan masalah tersebut.

Kebiasaan
Cobalah tantang diri kita untuk lepas dari kebiasaan-kebiasaan yang mungkin tidak perlu untuk dilakukan. Berusahalah untuk mencari hal-hal baru yang lebih bermanfaat, siapa tahu itu akan memunculkan pemikiran yang kreatif.

Masalah
Dalam sebuah pemikiran yang baru, tentunya akan ada masalah-masalah yang muncul, cobalah cari dan temukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Berfikir Jika Semua Bisa Dilakukan
Yakinlah jika semua yang sedang kita lakukan mampu kita selesaikan dan kita haruslah optimis. Jangan selalu beranggapan bahwa kita tidak bisa menyelesaikannya. Optimis akan membawa kita menuju pemikiran yang berkembang sehingga kita dapat mencapai apa yang sedang kita lakukan.  

0 komentar:

Post a Comment