Saturday, November 29, 2014

DOMAIN TAKSONOMI TUJUAN PEMBELAJARAN

Oleh Aida  Rosmaniar
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang


Taksonomi tujuan pembelajaran terbagi menjadi tiga wilayah yaitu wilayah kognitif, wilayah afektif, dan wilayah psikomotorik.  Wilayah-wilayah ini terintegrasi dan berkinerja, menyebabkan hubungan interaktif antar kawasan taksonomi.
 Wilayah Kognitif merupakan wilayah yang membahas tujuan pembelajaran berkenaan dengan proses mental yang berawal dari tingkat pengetahuan sampai tingkat yang lebih tinggi yakni evaluasi. Wilayah kognitif ini terdiri atas enam tingkatan yang secara heirarkhis berurut dari dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi yaitu: tingkat pengetahuan, tingkat pemahaman, tingkat penerapan, tingkat analisis, tingkat sintesis, tingkat evaluasi
Wilayah afektif merupakan satu dominan yang berkaitan dengan sikap, nilai-nilai interes, apresiasi (penghargaan) dan penyesuain perasaan sosial. Tingkatan afeksi terdiri dari lima tahapan sebagai berikut: kemauan menerima, kemauan menanggapi, berkeyakinan, penerapan karya, ketekunan dan ketelitian.
Wilayah psikomotorik mencakup tujuan yang berkaitan dengan keterampilan (skill) dan bersifat manual atau motorik. Dengan urutan tingkatan dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks seperti persepsi, kesiapan melakukan kegiatan, mekanisme, respon terbimbing, kemahiran, adaptasi, originasi.

0 komentar:

Post a Comment