Oleh Mubashiroh
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Salah satu teoritikus paling berpengaruh adalah Joseph Renzulli. Kajiannya berfokus pada trilogi karakteristik, kemampuan di atas rata-rata, komitmen tugas, dan kreativitas. Model ini terkenal karena sifatnya inklusif, yang memilki banyak pengaruh terhadap siswa-siswa di sekolah baik yang berbakat maupun yang tidak berbakat. Bagi siswa yang berbakat, ia menyajikan model pendidikan yang positif.
Dalam model ini renzulli mendiskripsikan model
organisasional dan service delivery, yang memiliki tiga komponen. Tipe satu
pengayaan (pengalaman eksplorasi umum), Tipe kedua pengayaan
(aktivitas-aktivitas latihan kelompk), dan tipe ketiga pengayaan (investigasi
individu atau kelompok kecil pada masalah-masalah nyata). Joseph Renzulli
menciptakan model ini secara khusus untuk pendidikan siswa-siswa berbakat,
sehingga guru dapat menyediakan program-program yang secara kualitatif
benar-benar berbeda. Elemen-elemen organisasional yang ada dalam model
pembelajaran ini diantaranya mencakup tim perencanaan-pengayaan, penilaian
kebutuhan, pengembangan staf, seleksi materi, dan evaluasi program. Komponen
service delivery adalah pelajaran-pelajaran untuk mendukung pengembangan proses
berpikir, prosedur pengubahan kurikulum regular, dan pemadatan kurikulum.
Model trilogy pengayaan terdiri dari tiga tipe
pengayaan. Tipe satu – Minat umum/kegiatan eksploratoris. Aktivitas ini
dirancang unutk memberi siswa pengalaman yang mencakup darmawisata, pusat-pusat
hobi, dan sesi-sesi brainstorming. Tipe kedua aktivitas latihan/pengambilan
skill. Aktivitas ini dirancang untuk mengembangkan proses berpikir dan
berperasaan. Kegiatnnya berupa siswa dilibatkan dalam berpikir, merancang,
bereksperimentasi, menganalisis, merekam, dan mengklasifikasikan sesuatu. Skill
yang dikembangkan diantaranya berpikir kritis dan kreatif, bagiamana belajar,
serta bagaiamana berkomunuikasi secara efektif. Tipe ketiga investigasi
individu dan kelompok kecil pada masalah-masalah nyata. Kegiatan ini harus
menerapkan tipe pertama dan kedua. Mereka akan menjadi investigator atas
masalah-masalah nyata mulai penelitian sampai mempresentasikan hasil
penelitian. Aktivitas tipe ini mencakup pencarian, berdebat, survey, membuat
presentasi, menulis hasil presentasi.
Yang terpenting dalam model Trilogi Pengayaan
Renzulli adalah siswa harus bekerja pada tipe pertama dan kedua untuk mendukung
level yang ketiga. Aktivitas tipe ketiga lebih sesuai untuk siswa-siswa
berbakat karena aktivitas ini membutuhkan kreativitas yang tinggi.
0 komentar:
Post a Comment