Oleh Diwan Aprillia
Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Semarang
Model pembelajaran yang didasarkan
pada konsep pembelajar mandiri dimana seseorang mampu menyelesaikan masalahnya
tanpa banyak dibantu banyak oleh orang lain sehingga mampu untuk memilih bidang
tindakan yang dikehendakinya.
Prof. Geoege Betts bersama Jolene
Kercher menciptakan model ini agar siswa-siswa yang berbakat terdorong dengan
pola pembelajaran yang self-directed.
Tujuan model ini untuk memfasilitasi perkembangan siswa agar lebih mandiri,
dengan pengembangan skill, konsep, sikap dalam ranah kognitif, emosional dan
social.
Dalam model ini guru hanya berperan
sebagai fasilitator, dan dengan menggunakan pendekatan fleksibel model ini
dapat diterapkan dalam berbagai jenis kelas seperti regular, kelompok kecil,
kursus, atau bidang pembelajaran tertentu.fokus utama model ini adalah belajar
seumur hidup. Lima dimensi model George Betts :
1.
Orientasi – bakat dan potensi
2.
Pengembangan individual – intra/interpersonal
3.
Kekayaan – pelajaran
4.
Seminar – presentasi kelompok mengenai persoalan
umum
5.
Studi mendalam – proyek-proyek individu atau
kelompok
Dalam
model pembelajaran ini siswa diharapkan terlibat dalam pembelajaran yang
mendalam, jadi siswa tidak hanya sekedar mengkover topic yang luas.
kurang panjang penjelasannya kak
ReplyDelete