Thursday, September 25, 2014

KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN


Perencanaan pembelajaran memainkan peran penting dalam memandu guru untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan belajar siswanya. Perencanaan pembelajaran juga dimaksudkan sebagai langkah awal sebelum proses pembelajaran berlangsung, dalam perencanaan pembelajaran juga perlu dilakukan upaya perbaikan pembelajaran. Upaya memperbaiki kualitas pembelajaran perlu diawali dengan peren­canaan pembelajaran yang diwujudkan dengan adanya desain pembe­lajaran.
Desain pembelajaran sendiri merupakan sebuah panduan yang memudahkan siswa untuk belajar. Perencanaan pembelajaran harus melibatkan semua variabel pembelajaran inti dari desain pembelajaran yang dibuat dari penetapan metode pembelajaran yang optimal dan tujuan yang telah ditetapkan, desain pembelajaran diacukan pada bagaimana siswa belajar agar bermuara pada ketercapaian tujuan pembelajaran, dalam hal ini akan ada tujuan langsung pembelajaran, dan tujuan pengiring dari pembelajaran sasaran akhir dari perencanaan.
Perencanaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar  bermanfaat sebagai: (a)  petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan; (b) pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan; (c) pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun unsur murid; (d) alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat diketahui ketepatan dan kelambatan kerja.
Perencanaan pembelajaran memiliki prinsip dimana pembelajaran yang disiapkan secara cermat dan sistematis akan dapat membantu perkembangan siswa secara maksimal, perencanaan yang cermat dan sistematis dikembangkan dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti teori belajar dan karakteristik siswa. Hendaknya yang diarahkan untuk membantu proses belajar siswa secara individual, dalam hal ini perencanaan pembelajaran dikembangkan dengan pendekatan sistem menggunakan langkah-langkah dalam proses pengembangan juga harus mempertimbangkan pemanfaatan berbagai sumber dan alat bantu belajar.
Penulis : Aida Rosmaniar (1102413099)
Editor  : Tina Rosiana       (1102413121)

0 komentar:

Post a Comment