Wednesday, September 24, 2014

Pengamatan Salah Satu Instrumen dalam EVABEL



Berbicara pengamatan atau observasi pasti tidak asing lagi dalam dunia pendidikan, baik di sekolah maupun di perguruan tinggi. Observasi merupakan  metode atau cara untuk menganalisis dan mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tingkah laku dengan melihat atau mengamati objek tertentu.
Dalam prakteknya observasi dapat berperan sebagai proses evaluasi yang didapatkan setelah mendapatkan materi pembelajaran. Misalnya, Guru memberikan materi tentang perumbuhan tanaman kacang hijau saat pembelajaran di kelas, kemudian peserta didik ditugaskan untuk melakukan observasi atau pengamatan terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau tersebut, dengan begitu peserta didik dapat secara langsung mengamati secara detail proses pertumbuhannya dan dihubungkan dengan materi yang telah diberikan guru di kelas. Selain itu mempermudah guru untuk melakukan pengamatan terhadap progress pemahaman siswa pada  materi yang telah disampaikan. Guru hanya akan mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik tentang materi yang disampaikan didalam kelas dan hasil dari observasi atau pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya.
Jadi untuk mempermudah dalam penilaian proses dan hasil belajar siswa yang bersifat keterampilan (skills) kita tidak dapat menggunakan (tidak sesuai) tes tertulis ataupun lisan, meski demikian harus pula didampingi dengan performance test yang berupa praktek. Untuk keperluan itu, observasi memegang peranan penting sebagai alat evaluasi.


Author
A. Niam Ibna Riza
1102413089


Editor
Halimatus Syadiyah
1102413088

0 komentar:

Post a Comment