Thursday, January 8, 2015

METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA (bagian 7)



Oleh : Noviana Ayu P
1102413114

Pada pembahasan kali ini saya akan membicarakan sebuah metode pembelajaran yang masih asing, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Metode tersebut adalah metode inquiry atau yang secara harfiah berarti penyelidikan. Pada tahun 1975, carin dan Sund mengemukakan bahwa inquiry adalah the process of invstigating a problem yang bisa di artikan bahwa metode ini merupahan proses penyelidikan pada suatu masalah. Sedangkan Piaget memiliki pendapat bahwa metode inquiry merupakan metode yang mempersiapkan peserta didik pada situasi untuk melakukan eksperimen sendiri secara luar agar melihat apa yang sedang terjadi, ingin melukaukan sesuatu, mengajukan pertanyan-pertanyaan, dan mencari jawaban sendiri, serta menghubungkan penemuan satu dengan yang lainnya, dan membandingkan apa yang ditemukannya dengan penemuan pesrta didik lain.
Belajar dengan metode inquiri ini dapat dilakukan dengan melalui ekspositori, kelompok, atau individu. Dalam metode penemuan hasil akhir yang harus ditemukan siswa merupakan sesuatu yang baru bagi siswa sendiri, tetapi hasilnya sudah diketahui terlebih dahulu oleh guru. Namun, dalam metode inquiry ini, hal baru tersebut juga belum diketahui oleh guru. Guru berfungsi sebagi sumber  informasi data yang diperlukan selain menjadi pengarah dan pembimbing, dan siswa masih harus mengumpulkan informasi tambahan, membuat hipotesis, dan mengetaesnya.
Kemudian bagaimana mengaplikasikan metode ini dengan mata pelajaran matematika? Sebagai contoh sebuah contoh pengajaran penemuan dalam geometri adalam menarik jarak antara duagarus yang sejajar. Sejenis dengan ini, dalam inquiri adalah menarik jarak antara dua garis yang bersilangan sembarang dalam ruang. Contoh contoh topic yang lainnya dalam inquiry adalah menentukan kepadatan lalu lintas di suatu perempatan jalan, menentukan air yangterbuang percumah dari kran ledeng yang rusak, menentukan banyak air suatu aliran sungai. Memang metode ingin sangat susah mengaplikasikannya dalam matematika karena memerlukan perhitungan yang akurat.
Dalam metode inquiry ini membutuhkan banyak informasi yang valid karena sebuah metode ini juga harus belajar metode ilmiah yang mampu mentransfernya ke dalam situasi lain.

Editor : Agus Adi R  ||  1102413093

0 komentar:

Post a Comment