Thursday, January 1, 2015

Metode Example Non Example


Oleh : Barata
1102413116


   Sebelum saya akan menjelaskan apa itu example dan non example sebelumnya menjelaskan maksud dari metode example dan non example. Example ialah memberikan gambaran akan sesuatu yang menjadi contoh dari suatu materi yang sedang dibahas/diajarkan, sedangkan Non example ialah memberikan gambaran akan sesuatu yang bukanlah contoh dari suatu materi yang sedang dibahas/diajarkan. Dari pengertian example dan non example, disini non example adalah lawan dari arti example. Dan sekarang lanjut pada pengertian metode example dan non example.
    Pada dasarnya sebuah konsep terdiri atas 2 konsep yang saling melengkapi. Tanpa kita sadari dalam lingkungan masyarakat umum, kita sudah melakukan 2 konsep tersebut  melalui pengamatan dan serta dipelajari melalui definisi konsep itu sendiri. Example and non example ialah suatu taktik yang bisa kita gunakan untuk mengajari suatu definisi konsep itu. Metode yang mengajarkan menganalisis  dan mengerti konsep pada suatu pembelajaran ialah metode example non example.
     Dalam metode ini mempunyai beberapa strategi yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk lebih cepat dengan menggunakan hal-hal yang terdiri atas dasar example dan non-example dari beberapa definisi konsep yang ada, dan pada siswanya itu sendiri dimintai untuk agar mengklasifikasikan hal-hal yang sesuai dengan konsep yang ada.
Metode Example non Example sangatlah penting dilakukan karena dalam suatu definisi konsep mempunyai suatu konsep yang akan diketahui secara primer dapat dilihat dari segi definisinya daripada dari sifat fisiknya itu sendiri. Dengan kata lain akan memusatkan pada perhatian siswanya terhadap example dan non-example yang mengharapkan akan dapat mendorong siswa agar lebih pandai menuju pemahaman yang lebih dalam mengenai materi yang ada
.

Editor :  Agus Adi R  ||  1102413093

0 komentar:

Post a Comment