Oleh : Zakiyah Umaroh
Dunia pendidikan saat ini jauh lebih
maju daripada pendidikan di jaman dulu. Program-program pendidikan yang dibuat
pun sudah sangat berbeda. Perjalanan program-program pendidikan dibuat sesuai
dengan perkembangan jaman dengan harapan dan tujuan menjadikan anak mampu
berpikir kritis, kreatif, dan menjadi problem solver. Proses menciptakan
anak berpikir kritis, kreatif, dan menjadi problem solver bukanlah sesuatu
yang mudah dan tentu membutuhkan waktu yang lama. Itulah sebabnya dunia
pendidikan perlu adanya perubahan-perubahan dalam strategi, metode, dan teknik
pembelajaran agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal.
Penciptaan
lingkungan belajar oleh guru sangatlah berpengaruh terhadap proses belajar
anak. Lingkungan yang memberikan kebebasan daya kreatif siswa, pemberian
masalah-masalah yang relevan dengan kehidupan anak sehari-hari, dan diajak
berpikir secara sistematis akan menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan
bagi anak dan menjadikannya memiliki alur berpikir kritis, kreatif, dan menjadi
problem solver dalam menghadapi berbagai tantangan yang dia temui.
Selain itu, anak juga dapat mengembangkan kemampuannya serta dapat menyesuaikan
diri dengan pengetahuan yang baru.
Mengembangkan kreativitas dan intelektual pada anak semuanya berkaitan dengan teori hemisphere dimana teori ini menjelaskan tentang belahan otak kanan dan otak kiri. Jadi dalam proses pengajaran dan pembelajaran guru dapat menggunakan pendekatan dengan cara yang disamakan dengan bagaimana otak belajar secara alamiah.
Mengembangkan kreativitas dan intelektual pada anak semuanya berkaitan dengan teori hemisphere dimana teori ini menjelaskan tentang belahan otak kanan dan otak kiri. Jadi dalam proses pengajaran dan pembelajaran guru dapat menggunakan pendekatan dengan cara yang disamakan dengan bagaimana otak belajar secara alamiah.
0 komentar:
Post a Comment