Wednesday, December 31, 2014

Prinsip Belajar dalam Teori Pembelajaran

oleh : Novita Handayani
Dalam melakukan kegiatan mengajar, pendidik tidak dapat melakukan secara sembarangan, melainkan harus menggunakan teori-teori dan prinsip-prinsip agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara tepat. Oleh karena itu, pendidik perlu mempelajari teori dan prinsip-prinsip belajar yang dapat menunjang aktivitas kegiatan belajar mengajar. Selain itu, peserta sebagai motor utama dalam kegiatan pembelajaran, harus menyadari penerapan prinsip-prinsip belajar terhadap diri peserta didik. Sehingga peserta didik dapat berhasil dalam pembelajaran.
Pada dasarnya, peserta didik dituntut untuk dapat memberikan perhatian terhadap semua rangsangan yang mengarah kearah tujuan belajar, dengan adanya tuntutan untuk dapat selalu memberikan perhatian ini menyebabkan peserta didik wajib untuk membangkitkan perhatiannya kepada segala pesan yang dipelajarinya. Pesan-pesan yang menjadi isi pelajaran sering kali dalam bentuk rangsangan suara, bentuk, gerak dan rangsangan lain yang dapat di indra. Dengan demikian peserta didik diharapkan selalu melatih indranya untuk memperhatikan rangsangan yang muncul dalam proses pembelajaran.
Bentuk dari prinsip keaktifan bagi peserta didik berwujud perilaku-perilaku seperti mencari dan menggali sumber informasi yang dibutuhkan, menganalisis hasil percobaan, membuat sebuah karya tulis, dan sejenisnya. Selain itu, kita sebagai pendidik juga harus memberikan kesempatan, peluang sebesar-besarnya kepada peserta didik untuk berkreatifitas dalam proses pembelajarannya, misalnya melakukan eksperimen ketika pelajaran tertentu dan melakukan pengamatan.
Peserta didik dituntut memiliki kesadaran pada diri peserta didik akan adanya kebutuhan untuk selalu memperoleh, memproses, dan mengolah pesan. Pserta didik juga harus memiliki keingintahuan yang besar terhadap segala permasalahan yang dihadapi. Untuk itu, kita sebagai pendidik harus dapat merancang pembelajaran agar pelajaran terlihat memuaskan, menantang, serta mereka memiliki peran dalam setiap pengambilan keputusan.
Dapat dikatakan bahwa tercapainya tujuan belajar bukan hanya dari peran pendidik saja melainkan peran peserta didik juga. Karena apalah arti pendidik yang telah mempelajari teori dan prinsip pembelajaran serta mengimplikasinya apabila peserta didik masih belum mau dan sadar untuk memperoleh, memproses, dan mengolah pesan yang disampaikan pendidik.

0 komentar:

Post a Comment