Wednesday, December 31, 2014

Analisis Tugas dalam teori Pembelajaran

oleh : Novita Handayani
Pendekatan analisis tugas adalah melakukan kajian terhadap jenis-jenis atau tipe-tipe belajar dan tugas-tugas yang dipersyaratkan. Melalui analisis tugas, dapat diperoleh petunjuk mengenai apa yang harus dipelajari peserta didik dan bagaimana peserta didik mempelajarinya. Dengan demikian pendidik dapat menentukan apa yang harus diajarkan dan bagaimana ia mengajarkannya.

Tujuan dari analisis tugas dalam pendidikan adalah untuk mempersiapkan peserta didik agar kedepannya menjadi manusia mandiri dan produktif. Pendidikan lebih menekankan kepada pertumbuhan dan perkembangan individu sebagai pribadi. Prinsip-prinsip dalam latihan tersebut dapat digunakan untuk keperluan praktek pendidikan.

Pada teori analisis tugas ini, pendidik mengadakan analisis tugas secara sistematik mengenai tugas-tugas yang harus dilakukan peserta didik di dalam latihan atau situasi pendidikan. Dari latihan inilah pendidik akan tau sejauh mana peserta didik mengerti dan memahami dari materi yang telah diajarkan oleh pendidik. Dan tau langkah apa yang harus dilakukan setelah mengetahui hasil tersebut.

Penyusunan tugas-tugas tersebut disusun secara hierarkis atau parallel tergantung dari urutan tugas-tugas dalam usaha mencapai tujuan akhir maupun tujuan tambahan. Oleh karenya kita sebagai pendidik harus pandai memutar otak untuk mencari bagaimana cara agar tugas-tugas dalam usaha mencapai tujuan akhir dan tujuan tambahan tersebut dapat tercapai dengan baik. Yang harus dilakukan agar tujuan tersebut dpat tercapai diantaranya yaitu perhatian, motivasi, dan tingkat perkembangan. Suatu pembelajaran akan menjadi efektif apabila peserta didik memperlihatkan stimulus dengan baik. Motivasi diperlukan agar peserta didik terdorong untuk memberikan respon terhadap stimuli. Sedangkan motivasi itu sendiri sangat dipengaruhi oleh jenis dan tingkat aspirasi yang dimiliki. Selain perhatian dan motivasi, pembelajaran juga harus memperhatikan sifat-sifat psikis dan sifat yang menentukan perbuatan peserta didik sesuai dengan tahap perkembangannnya.

0 komentar:

Post a Comment