Oleh Nabela Ilma Yenisa
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri
Semarang
Perencanaan
pengajaran berarti pemikiran tentang penetrapan prinsip – prinsip umum mengajar didalam pelaksanaan tugas
mengajar dalam suatu interaksi pengajaran tertentu yang khusus baik yang
berlangsung di dalam kelas ataupun diluar kelas. Perencanaan pengajaran
mempunyai beberapa faktor yang mendukung tujuan pembelajaran tercapai misal:
a. Persiapan sebelum mengajar
c. Tingkat intelegensi siswa
d. Materi pelajaran yang akan
disampaikan
Ada 7 aspek persiapan
untuk mencapai tugas dari pembelajaran
1.
Persiapan terhadap situasi
Mancakup : tempat, suasana ruangan
kelas, dan lain-lain. Dan situasi umum harus dimiliki sebelum saudara mengajar
di dalam kelas tersebut dengan pengetahuan saudara dapat membuat ancang- ancang
terhadap variabel faktor masalah dan
menghadapi situasi kelas.
2.
Persiapan terhadap siswa yang akan dihadapi
Maksud: Sebelum guru mengajar ia harus mengetahui keadaan siswa tsb
atau dengan kata lain guru harus membuat gambaran yang jelas mengenai keadaan
siswa yang akan dihadapi selain dari pada faktor intern siswa tsb ( laki- laki
dan Pr) seorang guru harus mengetahui taraf kematangan dan pengetahuan serta
khusus dari pada siswa tsb.
3.
Persiapan dalam tujuan umum pembelajaran
Yang menyangkut tujuan instruksional
apa yang akan dicapai oleh para siswa harus dimiliki seorang guru mencakup
antara lain: Pengetahuan, kecakapan, keterampilan atau sikap tertentu
yang konkrit yang bisa di ukur dengan alat- alat evaluasi.
4.
Persiapan tentang bahan pelajaran yang akan
diajarkan
Yang dimaksud dengan ini: Dengan adanya pengetahuan yang akan
dihadapkan kepada siswa, guru memiliki persiapan yang akan di sampaikan kepada
siswa yang harus terdapat batas- batas, luas dan urutan- urutan pengajaran
perlu di persiapkan.
5.
Persiapan tentang metode- mengajar yang hendak
di pakai
a.
Metode ceramah
b.
Metode tanya jawab atau diskusi
6.
Persiapan dalam penggunaan alat- alat peraga
Misal : kapur dan papan tulis,
pengahapus paling sedikit di gunakan tetapi dalam belajar pembelajaran di
pergunakan alat pembantu adalah media yang mempertinggi komunikasi pada saat
proses belajar berlangsung.
7.
Persiapan dalam jenis teknik evaluasi
Tujuan evaluasi : samapi sejauhmana
daya serap terhadap produk bahasan yang saudara terapkan Ada beberapa jenis
alat evaluasi disini yaitu : Bentuk test apakah test tertulis maupun test
lisan.
0 komentar:
Post a Comment