Oleh Ali Rosyid
Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan
Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Mind mapping merupakan cara untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan
mengambilnya kembali ke luar otak. Bentuk mind mapping seperti peta sebuah
jalan di kota yang mempunyai banyak cabang. Seperti halnya peta jalan kita bisa
membuat pandangan secara menyeluruh tentang pokok masalah dalam suatu area yang
sangat luas. Dengan sebuah peta kita bisa merencanakan sebuah rute yang
tercepat dan tepat dan mengetahui kemana kita akan pergi dan dimana kita
berada.
Mind mapping bisa disebut sebuah peta rute yang digunakan
ingatan, membuat kita bisa menyusun fakta dan fikiran sedemikian rupa sehingga
cara kerja otak kita yang alami akan dilibatkan sejak awal sehingga mengingat
informasi akan lebih mudah dan bisa diandalkan daripada menggunakan teknik
mencatat biasa.
Dikategorikan
ke dalam teknik kreatif karena pembuatan mind mapping ini membutuhkan
pemanfaatan imajinasi dari si pembuatnya. Siswa yang kreatif akan lebih mudah
membuat mind mapping ini. Begitu pula, dengan semakin seringnya siswa membuat
mind mapping, dia akan semakin kreatif.
Mind Mapping
menggunakan teknik penyaluran gagasan dengan menggunakan kata kunci bebas,
simbol, gambar, dan menggambarkan secara kesatuan dengan menggunakan teknik
pohon.
Langkah-langkah pembelajaran mind mapping, yaitu: (a) Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai, (b) Guru menyajikan materi sebagaimana biasa,
(c) Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua
orang, (d) Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi
yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat
catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya,
(e) Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya
dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil
wawancaranya, (f) Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang kiranya belum
dipahami siswa, (g) Kesimpulan/penutup.
Ada beberapa kelebihan saat
menggunakan teknik mind mapping ini, yaitu : (a) Cara ini cepat, (b) Teknik
dapat digunakan untuk mengorganisasikan ide-ide yang muncul dikepala anda, (c)
Proses mengganbar diagram bisa memunculkan ide-ide yang lain, (d) Diagram yang
sudah terbentuk bisa menjadi panduan untuk menulis.
Kekurangan
model pembelajaran mind mapping, yaitu: (a) Hanya siswa yang aktif yang
terlibat, (b) Tidak sepenuhnya murid yang belajar, (c) Jumlah detail informasi
tidak dapat dimasukkan.
Sumber:
http://www.ras-eko.com/2011/05/model-pembelajaran-mind-mapping.html
0 komentar:
Post a Comment