Thursday, November 13, 2014

MAFAAT ADANYA PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Oleh Nabela Ilma Yenisa
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang


Perencanaan pembelajaran adalah suatu proyeksi mengenai kegiatan atau proses yang akan dilakukan selama pembelajaran berlangsung. Adanya perencanaan pembelajaran (intuctional desain) guru dapat memperkirakan dan memproyeksikan tindakan atau aktivitas yang akan dilakukan pada saat pembelajaran yang akan dilakukan didalam kelas. Mengingat perencanaan itu sendiri sebagai proyeksi kegiatan, maka kedudukannya dalam sistem pembelajaran menjadi amat strategis dan sangat penting bagi guru bahkan bagi siswa. Setiap guru yang akan melakukan pembelajaran didalam kelas maka perlu mempersiapkan materi/ apa yang akan disampaikan agar saat didalam kelas guru tidak keteteran.
Inti proses pendidikan adalah pembelajaran. Inilah aktivitas rutin yang dilakukan guru sehari-hari. Agar program yang mereka lakukan lebih terarah, mereka harus tahu kurikulum yang dirilis pemerintah saat itu. Informasi dari kurikulum itulah sebagai bahan mereka untuk menyusun silabus dan rencana pembelajaran ( RPP ). Guru selayaknya dapat memahami tentang semua aktivitas teknik menyangkut pembelajaran secara baik. Tidak hanya itu, penting juga informasi tentang standar kompetensi yang seharusnya dimiliki guru sendiri.
Untuk mencapai tujuan pembelajaran, maka sudah pasti dibutuhkan perencanaan pembelajaran. Abdul majid mengemukakan beberapa manfaat perencanaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar, yaitu:
  1. Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan.
  2. Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan.
  3. Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun unsur murid.
  4. Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat diketahui ketepatan dan kelambatan kerja.
  5. Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja.
  6. Untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya.
  7. Untuk mengarahkan guru agar proses pembelajaran terarah.
  8. Untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Melihat manfaat perencanaan pembelajaran di atas, maka perencanaan pembelajaran sangat perlu dilakukan oleh para guru, sesuai tujuannya yaitu agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Kesimpulannya setiap guru yang akan melakukan pembelajaran di dalam kelas harus sudah membuat RPP/silabus untuk diterapkan saat pembelajaran didalam kelas.

0 komentar:

Post a Comment