Proses
berlangsungnya pembelajaran dapat dilakukan dimana pun dan kapanpun bahkan oleh
siapapun. Dengan adanya proses interaksi yang terjadi atara guru dengan siswa
atau dosen dengan mahasiswanya diharapkan keduanya bisa mengikuti aturan main
didalam proses berlangsungnya pembelajaran. Setiap tenaga pendidik mempunyai
peran dan tanggung jawab kepada peserta didiknya untuk memberikan bimbingan.
Oleh karena itu yang perlu dilakukan oleh para pendidik adalah membuat atau
menyusun rancangan pembelajaran untuk mengajar didalam kelas. Penyusunan dari
awal sampai akhir harus jelas dan runtut agar hasil yang diharapkan dari tujuan
pendidikan tersebut bisa tercapai.
Termasuk
memikirkan juga bagaimana bentuk evaluasi pembelajaran yang di rencanakan untuk
diterapkan di kelas. Pada akhir sebuah proses pemebelajaran yang dilakukan oleh
setiap peserta didik adalah melakukan evaluasi atau mengulang materi yang
pernah disampaikan dan dijadikan alat ukur untuk mengetahui sejauh mana siswa
atau peserta didik memahami hasil studinya dan selanjutnya dijadikan
perbandingan bagi tenaga pendidik. Ada berbagai bentuk evaluasi yang dapat
dilakukan dalam pembelajaran, karena evaluasi pembelajaran sendiri menjadi
bagian yang penting dalam sebuah kurikulum. Memang evaluasi merupakan bagian
akhir disebuah pembelajaran, namun itu sudah menjadi satu kesatuan yang sintak
untuk menunjang pembelajaran. Agar peserta didik mengetahui kemampuan dalam
sebuah bidang studi tertentu.
Evaluasi
yang dilakukan sejak menempuh sekolah dasar, menengah awal, menengah akhir dan
sampai kepada perguruan tinggi sangat bermanfaat untuk membuktikan bahwa orang
tersebut mempunyai nilai nilai yang dapat digunakan untuk melanjutkan kesetiap
jenjang pendidikan. Namanya juga proses penilaian maka hasil karya dari siswa
atau peserta didik patut untuk dihargai dengan adanya progam evaluasi
pembelajaran tersebut. Evaluasi tidak hanya dilakukan oleh satu pihak, guru dan
siswa mempunyai kewajiban mengevaluasi masing-masing yang menjadi kebutuhan
bagi keduanya. Agar kedepannya dalam proses pembelajaran selalu ada peningkatan
setelah memaksimalkan proses evaluasi dalam pembelajaran.
Author,
Rizky
Dhito Hutomo
Editor,
Halimatus Syadiyah
0 komentar:
Post a Comment