Friday, October 24, 2014

Pentingnya Evaluasi Pembelajaran



Proses berlangsungnya pembelajaran dapat dilakukan dimana pun dan kapanpun bahkan oleh siapapun. Dengan adanya proses interaksi yang terjadi atara guru dengan siswa atau dosen dengan mahasiswanya diharapkan keduanya bisa mengikuti aturan main didalam proses berlangsungnya pembelajaran. Setiap tenaga pendidik mempunyai peran dan tanggung jawab kepada peserta didiknya untuk memberikan bimbingan. Oleh karena itu yang perlu dilakukan oleh para pendidik adalah membuat atau menyusun rancangan pembelajaran untuk mengajar didalam kelas. Penyusunan dari awal sampai akhir harus jelas dan runtut agar hasil yang diharapkan dari tujuan pendidikan tersebut bisa tercapai.
Termasuk memikirkan juga bagaimana bentuk evaluasi pembelajaran yang di rencanakan untuk diterapkan di kelas. Pada akhir sebuah proses pemebelajaran yang dilakukan oleh setiap peserta didik adalah melakukan evaluasi atau mengulang materi yang pernah disampaikan dan dijadikan alat ukur untuk mengetahui sejauh mana siswa atau peserta didik memahami hasil studinya dan selanjutnya dijadikan perbandingan bagi tenaga pendidik. Ada berbagai bentuk evaluasi yang dapat dilakukan dalam pembelajaran, karena evaluasi pembelajaran sendiri menjadi bagian yang penting dalam sebuah kurikulum. Memang evaluasi merupakan bagian akhir disebuah pembelajaran, namun itu sudah menjadi satu kesatuan yang sintak untuk menunjang pembelajaran. Agar peserta didik mengetahui kemampuan dalam sebuah bidang studi tertentu.
Evaluasi yang dilakukan sejak menempuh sekolah dasar, menengah awal, menengah akhir dan sampai kepada perguruan tinggi sangat bermanfaat untuk membuktikan bahwa orang tersebut mempunyai nilai nilai yang dapat digunakan untuk melanjutkan kesetiap jenjang pendidikan. Namanya juga proses penilaian maka hasil karya dari siswa atau peserta didik patut untuk dihargai dengan adanya progam evaluasi pembelajaran tersebut. Evaluasi tidak hanya dilakukan oleh satu pihak, guru dan siswa mempunyai kewajiban mengevaluasi masing-masing yang menjadi kebutuhan bagi keduanya. Agar kedepannya dalam proses pembelajaran selalu ada peningkatan setelah memaksimalkan proses evaluasi dalam pembelajaran.

Author,
Rizky Dhito Hutomo

Editor,
Halimatus Syadiyah

0 komentar:

Post a Comment