Tuesday, January 13, 2015

Sasaran dan Ruang Lingkup Evaluasi



       Menurut Dr. Basrowi (2012), sasaran dan ruang lingkup evaluasi mencakup tiga hal, diantaranya :

  1.  Sasaran dan ruang lingkup evaluasi meliputi semua komponen yang menyangkut proses serta hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, baik kegiatan intrakuliluler, kokulikuler, maupun ekstrakulikuler. Kegiatan intrakulikuler adalah kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan alokasi waktu sesuai dengan program yang telah disusun. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tatap muka antara siswa dan guru.
  2. Kegiatan kokulikuler adalah kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran yang telah ditetapkan sebagai kegiatan terstruktur yang berupa penugasan atau pekerjaan rumah.
  3. Kegiatan ekstrakulikuler adalah kegiatan diluar jam pembelajaran yang dilakukan didalam maupun diluar lingkungan sekolah yang bertujuan memperluas wawasan, penyaluran bakat dan minat, serta menunjang capaian tujuan institusional.

           Dari ketiiga komponen tadi, kegiatan ekstrakuliluler adalah kegiatan yang paling diminati siswa, karena berhubungan langsung dengan bakat dan minat masing-masing siswa serta suasana kegiatan yang lebih asyik, santai dan menyenangkan.

Athor,
A. Niam Ibna Riza
Editor.
Halimatus Syadiyah

1 comment:

  1. If you're trying to lose weight then you need to start using this brand new custom keto meal plan diet.

    To produce this service, licenced nutritionists, fitness trainers, and top chefs have joined together to develop keto meal plans that are productive, suitable, money-efficient, and delicious.

    Since their first launch in 2019, 1000's of clients have already remodeled their body and well-being with the benefits a great keto meal plan diet can provide.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto meal plan diet.

    ReplyDelete