Oleh Annisa Tri Wahyuningsih
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
Metode adalah
suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam
kegiatan belajar mengajar, metode diperlukan oleh guru dengan penggunan yang
bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dan materi yang baik
belum tentu memberikan hasil yang baik tanpa memilih dan menggunakan metode
yang sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran.
Pupuh
Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno (2007) menguraikan beberapa faktor yang
mempengaruhi pemilihan dan penentuan metode anatara lain: tujuan yang hendak
dicapai, materi pelajaran, siswa, situasi, fasilitas, dan guru.
Adapun macam-macam metode yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran yaitu:
Adapun macam-macam metode yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran yaitu:
a. Metode
Ceramah
b. Metode
Tanya Jawab
c. Metode
Diskusi
d. Metode
Demonstrasi
e. Metode
Kisah/Cerita
f. Metode
Simulasi. Adapun bentuk-bentuk simulasi anatara lain: peer teaching,
sosiodrama, psikodrama, simulasi game, dan role playing
g. Metode
Karya Wisata
h. Metode
Tutorial
i.
Metode Suri Teladan
j.
Pengajaran Tim (Team
Teaching)
k. Metode
Praktek
l.
Metode Kerja Kelompok
m. Metode
Penugasan,
dan
n. Brain
Storming.
Media adalah segala sesuatu yang dapat
menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga
tercifta lingkungan yang kondusif di mana penerimanya dapat melakukan proses
belajar secara efesien dan efektif (Yudhi Munadi,2008 :8)
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat di pergunakan sebagai tempat di mana materi sumber belajar terdapat. Menurut Nasution (2000) sumber belajar dapat berasal dari masyarakat dan kebudayaannya, ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan siswa. Pemanfaatan sumber belajar tersebut tergantung pada kreatifitas guru, waktu, biaya serta kebijakan-kebijakan lainnya. Sumber belajar tidak hanya terbatas pada bahan dan alat yang di pergunakan dalam proses pembelajaran, melainkan juga tenaga, biaya, dan fasilitas.
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat di pergunakan sebagai tempat di mana materi sumber belajar terdapat. Menurut Nasution (2000) sumber belajar dapat berasal dari masyarakat dan kebudayaannya, ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan siswa. Pemanfaatan sumber belajar tersebut tergantung pada kreatifitas guru, waktu, biaya serta kebijakan-kebijakan lainnya. Sumber belajar tidak hanya terbatas pada bahan dan alat yang di pergunakan dalam proses pembelajaran, melainkan juga tenaga, biaya, dan fasilitas.
a.
Sumber belajar dapat di
bedakan menjadi dua, yaitu:
Sumber belajar yang di rencanakan adalah semua sumber yang secara khusus telah di kembangkan sebagai komponen system pembelajaran, untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal
Sumber belajar yang di rencanakan adalah semua sumber yang secara khusus telah di kembangkan sebagai komponen system pembelajaran, untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal
b.
Sumber belajar karena
di manfaatkan adalah sumber-sumber yang tidak secara khusus di desain untuk
keperluan pembelajaran, namun dapat di temukan, di aplikasikan, dan di gunakan
untuk keperluan belajar.
Media dan sumber belajar merupakan
faktor yang harus dipertimbangkan dalam merencanakan pembelajaran. Media dan
sumber belajar yang dipilih harus sesuai dengan kegiatan dan dapat memberikan
pengalaman yang cocok bagi siswa. Guru juga harus memutuskan bagaimana media
dan sumber belajar tersebut di sediakan dan bagaimana kegiatan di
organisasikan.
Hal lain yang harus dipertimbangkan
adalah sejauh mana sumber-sumber belajar dapat memberi dukungan terhadap proses
belajar siswa. Pemilihan media dan sumber belajar harus mempertimbangkan
karakteristik perkembangan dan karakteristik belajar anak. Untuk kelas-kelas
yang berpusat pada anak media sudah di tata dalam setiap area. Dengan media dan
sumber belajar anak dapat melakukan ekplorasi, observasi dan memungkinkan anak
dapat meliatkan seluruh inderanya seperti melihat, menyentuh, meraba, mencium
dan merasakan.






0 komentar:
Post a Comment