Saturday, December 20, 2014

Metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan

Oleh : Amalia Kiki R
1102413111

Metode ini merupakan gabungan atau kombinasi antara kegiatan menguraikan materi pelajaran dengan kegiatan peragaan dan latihan. Metode ini cocok digunakan di sekolah tingkat kejuruan, karena dibutuhkan kekhususan untuk latihan secara langsung dan terus menerus.
Metode pembelajaran demonstrasi sangat efektif untuk menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan. Disini siswa diberikan hak atau kesempatan untuk bertanya apapun yang mereka tidak tahu. Seringkali pertanyaan menggunakan unsure 5W + 1H. dengan metode demonstrasi ini, tujuannya supaya membentuk karakter siswa untuk lebih aktif bertanya tidak hanya pasif mendengarkan penjelasan guru saja. Dengan adanya metode demonstrasi juga dapat menghidupkan suasana kelas menjadi aktif namun tetap terkendali.
Adapun kelebihan dari metode ini yaitu perhatian siswa dapat lebih dipusatkan, proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari, dan dapat menjadi pengalaman atau kesan sebagai hasil pembelajaran yang lebih melekat dalam diri siswa.
Sedangkan kelemahan dari metode demonstrasi yaitu siswa kadang kala sukar melihat dengan jelas benda yang sedang diperagakan, tidak semua benda dapat didemonstrasikan dengan baik, serta sukar dimengerti jika didemonstrasikan oleh pengajar yang kurang menguasai materinya.
Metode latihan keterampilan yaitu metode mengajar, dimana siswa diajak ke tempat latihan keterampilan tersebut. Setelah itu, siswa akan berfikir dan akan memulai untuk bertanya bagaimana ketika melakukan atau menggunakan keterampilan tersebut.
Metode ini juga mempunyai kelebihan yaitu siswa dapat menerima berbagai kecakapan motoris seperti menulis membuat dan menggunakan, juga dapat memberikan pengetahuan untuk siswa hal-hal apa yang tadinya belum mereka ketahui, serta dapat membentuk kebiasaan dalam melakukan sesuatu dengan ketepan dan kecepatan yang baik.
Sedangkan kekurangan dari metode ini yaitu menghambat bakat dan inisiatif anak didik karena berbeda dengan awalan, siswa dibawa kepada penyesuaian dan diarahkan kepada jauh dari pengertian.
Dengan adanya percampuran atau kolaborasi dari tiga metode ini, guru dapat menyampaikan pelajarannya dengan mudah karena dibantu dengan system demonstrasi serta latihan langsung. Siswa juga tidak bingung lagi dengan metode ceramah saja, hal ini dapat membuat menarik siswa yang tadinya hanya pasif mendengarkan guru menjelaskan sekarang melatih siswa untuk aktif dan kreatif. Serta dapat menciptakan suasana kelas menjadi aktif dan ramai namun tetap terkendali.

Editor   : Agus Adi R   | 1102413093

0 komentar:

Post a Comment