Oleh Muhammad Toriq
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
Perlunya
perencanaan pembelajaran dimaksudkan
agar dapat dicapai perbaikan pembelajaran. Upaya perbaikan pembelajaran ini
dilakukan dengan asumsi berikut:
1. Untuk memperbaiki kualitas
pembelajaran perlu diawali dengan perencanaan pembelajaran yang diwujudkan
dengan adanya desain pembelajaran
2. Untuk merancang suatu
pembelajaran perlu menggunakan pendekatan sistem
3. Perencanaan desain pembelajaran
diacukan pada bagaimana seseorang belajar
4. Untuk merencanakan suatu
desain pembelajaran diacukan pada siswa secara perseorangan
5. Pembelajaran yang dilakukan akan
bermuara pada ketercapaian tujuan pembelajaran, dalam hal ini akan ada tujuan
langsung pembelajaran, dan tujuan pengiring dari pembelajaran
6. Sasaran akhir dari perencanaan
desain pembelajaran adalah mudahnya siswa untuk belajar
7. Perencanaan pembelajaran harus
melibatkan semua variabel pembelajaran;
8. Inti dari desain
pembelajaran yang dibuat adalah penetapan metode pembelajaran yang optimal
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
0 komentar:
Post a Comment