Thursday, October 23, 2014

Arti Penting Evalusi Pembelajaran bagi Mahasiswa TP



Dalam pendidikan evaluasi pembelajaran sangat penting, karena dalam melakukan pembelajaran kita harus tau berapa keefisienan sistem belajar dalam suatu lingkungan pendidikan tertentu. Mulai dari guru sebagai pengajar, sampai siswa sebagai peserta didik. Evaluasi pebelajaran merupakan serangkaian test dan proses sistematis berkelanjutan dan menyeluruh dalam rangka untuk pengendalian, penjaminan, dan penetapan kualitas bebagai komponen pembelajaran. Dalam artian tersebut sudah jelas sekali bahwa nanti pada pelaksaanya kita di wajibkan untuk melakukan berbagai cara agar mengetahui kadar kualitas sistem pembelajaran.
Dalam evaluasi pembelajaran kita sebagai mahasiswa teknologi pendidikan bukan hanya mengerti bagaimana cara agar sistem belajar itu berjalan dengan baik, namun kita juga harus mangerti bagaimana sistem belajar itu berkembang. Dalam hal ini kita dituntut untuk mampu menciptakan sistem belajar yang lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti.
Kita bisa memulainya dengan membuat diklat atau pelatihan untuk guru agar tahu model pembelajaran apa yang tepat untuk peserta didik agar mampu mengikuti dan memahami materi yang telah disampaikan, dan membuat serangkaiaan media pembelajaran. Seperti membuat video pembelajaran atau bisa juga dengan memanfaatkan internet kita bisa membuat e-learning dan e-library selain itu untuk mempermudah hasil evaluasi belajar kita juga bisa membuat e-raport melalui internet tersebut. Semua ini merupakan gaya dari mahasiswa teknologi pendidikan untuk mencari, memahami, dan mendapatkan data yang nantinya dapat kita rumuskan menjadi sistem belajar yang mampu djalankan dengan baik oleh pengajar dan bisa dimengerti oleh peserta didik.



Author,
Alfan Rifqi H.

Editor,
Halimatus Syadiyah

0 komentar:

Post a Comment