Oleh Annisa Tri Wahyuningsih
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Perencanaan adalah segala hal yang perlu disiapkan untuk
mencapai tujuan yang dicita-citakan. Pada intinya perencanaan adalah
sebuah tindakan untuk membuat kegiatan dapat berjalan dengan
baik, yang disertai dengan langkah untuk mengurangi perbedaan yang terjadi
sehingga tujuan yang diinginkan tercapai. Perencanaa juga diartikan sebagai proses
dalam pengambilan keputusan. Jadi dalam perencanaan
pembelajaran adalah proses pengambilan keputusan kegiatan seperti apa yang akan
dilakukan saat proses pembelajaran. Perencanaan ini bukan hanya untuk guru saja
tetapi, diri kita sendiri pun juga perlu merencanakan pembelajaran untuk diri
kita sendiri setelah tidak dalam proses pembelajaran di sekolah.
Konsep Pembelajaran merupaka sebuah upaya untuk
membelajarkan siswa. Itu sebabnya dalam belajar, siswa tidak hanya berinteraksi
dengan guru sebagai salah satu sumber belajar, tetapi selalu berinteraksi
dengan keseluruhan sumber belajar yang dipakai untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang diinginkan oleh semua pihak yang terkait dalam suatu instansi
pendidikan. Oleh karena itu pembelajaran sangat memusatkan perhatian tentang “bagaimana
membelajarkan kepada siswa” bukan “apa yang akan dipelajari oleh siswa”.
Perhatian terhadap apa yang harus dipelajari oleh siswa merupakan bagian atau
berasal dari sebuah kurikulum yang menyangkut isi pembelajaran yang harus
dipelajari oleh siswa agar tercapai suatu tujuan pendidikan.
Pembelajaran lebih menekankan pada bagaimana cara untuk
mencapai tujuan pendidikan tersebut, hal yang tidak terlupakan dalam mencapai
tujuan tersebut adalah bagaimana cara mengorganisasikan pembelajaran, bagaimana
seorang guru menyampaikan isi pembelajaran, dan bagaimana cara menata interaksi
antara sumber-sumber belajar yang ada agar dapat berfungsi secara optimal.
Pembelajaran yang akan direncanakan memerlukan berbagai teori untuk
merancangnya, agar rencana pembelajaran tersusun dengan baik dan dapat memenuhi
harapan dan tujuan dari pembelajaran. Pembelajaran menaruh perhatian pada
perbaikan kualitas pembelajaran dengan menggunakan teori pembelajaran
deskriptif, sedangkan rancangan
pembelajaran mendekati tujuan yang sama dengan berpijak pada teori pembelajaran
presiskriptif.
0 komentar:
Post a Comment