Saturday, September 27, 2014

APA ITU PERENCANAAN PEMBELAJARAN?

Oleh Annisa Tri Wahyuningsih
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan

Perencanaan adalah segala hal yang perlu disiapkan untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan. Pada intinya perencanaan adalah sebuah tindakan untuk membuat kegiatan dapat berjalan dengan baik, yang disertai dengan langkah untuk mengurangi perbedaan yang terjadi sehingga tujuan yang diinginkan tercapai. Perencanaa juga diartikan sebagai proses dalam pengambilan keputusan. Jadi dalam perencanaan pembelajaran adalah proses pengambilan keputusan kegiatan seperti apa yang akan dilakukan saat proses pembelajaran. Perencanaan ini bukan hanya untuk guru saja tetapi, diri kita sendiri pun juga perlu merencanakan pembelajaran untuk diri kita sendiri setelah tidak dalam proses pembelajaran di sekolah.
Konsep Pembelajaran merupaka sebuah upaya untuk membelajarkan siswa. Itu sebabnya dalam belajar, siswa tidak hanya berinteraksi dengan guru sebagai salah satu sumber belajar, tetapi selalu berinteraksi dengan keseluruhan sumber belajar yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan oleh semua pihak yang terkait dalam suatu instansi pendidikan. Oleh karena itu pembelajaran sangat memusatkan perhatian tentang “bagaimana membelajarkan kepada siswa” bukan “apa yang akan dipelajari oleh siswa”. Perhatian terhadap apa yang harus dipelajari oleh siswa merupakan bagian atau berasal dari sebuah kurikulum yang menyangkut isi pembelajaran yang harus dipelajari oleh siswa agar tercapai suatu tujuan pendidikan.
Pembelajaran lebih menekankan pada bagaimana cara untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, hal yang tidak terlupakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah bagaimana cara mengorganisasikan pembelajaran, bagaimana seorang guru menyampaikan isi pembelajaran, dan bagaimana cara menata interaksi antara sumber-sumber belajar yang ada agar dapat berfungsi secara optimal. Pembelajaran yang akan direncanakan memerlukan berbagai teori untuk merancangnya, agar rencana pembelajaran tersusun dengan baik dan dapat memenuhi harapan dan tujuan dari pembelajaran. Pembelajaran menaruh perhatian pada perbaikan kualitas pembelajaran dengan menggunakan teori pembelajaran deskriptif, sedangkan  rancangan pembelajaran mendekati tujuan yang sama dengan berpijak pada teori pembelajaran presiskriptif.

0 komentar:

Post a Comment