Friday, January 2, 2015

Penilaian Berbasis Kelas (PBK)



Pada artikel saya kali ini, akan membahas tentang Penilaian Berbasis Kelas  (PBK) yang merupakan salah satu rangkain evaluasi pembelajaran. Pada hakekatnya PBK merupakan pilar dalam sebuah kurikulum, karena PBK adalah  proses pengumpulan dan penggunaan informasi oleh guru untuk pemberian nilai terhadap hasil belajar siswa berdasarkan tahapan kemajuan belajarnya sehingga didapatkan potret/profil kemampuan siswa sesuai dengan daftar kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum. Dalam proses penyusunan PBK dibutuhkan beberapa langkah-langkah sebagai berikut, yaitu perencanaan, pengumpulan informasi melalui sejumlah bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar siswa, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa.
Ini akan menarik ketika kita melihat fenomena yang ada dikelas. Penilaian berbasis kelas dilaksanakan secara terpadu dengan kegiatan belajar-mengajar. Penilaian dapat dilakukan baik dalam suasana formal maupun informal, di dalam kelas, di luar kelas, terintegrasi dalam kegiatan belajar-mengajar atau dilakukan pada waktu yang khusus. Penilaian itu harus mampu menunjang kemampuan yang sebenarnya pada siswa, agar tidak terjadi deskriminasi antar peserta didik.
Selama ini pelakasanakan penilaian kurang mampu menggambarkan kemampuan siswa yang beragam karena cara dan alat yang digunakan kurang sesuai dan kurang bervariasi. Penilaian Berbasis Kelas merupakan prinsip, sasaran yang akurat dan konsisten tentang kompetensi atau hasil belajar siswa serta pernyataan yang jelas mengenai perkembangan dan kemajuan siswa. maksudnya adalah hasil Penilaian Berbasis Kelas dapat menggambarkan kompetensi, keterampilan dan kemajuan siswa selama di kelas. 



Author,
Rizky Ditho Hutomo

Editor,
Halimatus Syadiyah

0 komentar:

Post a Comment