Pada
artikel saya kali ini, akan membahas tentang Penilaian Berbasis Kelas (PBK) yang merupakan salah satu rangkain
evaluasi pembelajaran. Pada hakekatnya PBK merupakan pilar dalam sebuah
kurikulum, karena PBK adalah proses
pengumpulan dan penggunaan informasi oleh guru untuk pemberian nilai terhadap
hasil belajar siswa berdasarkan tahapan kemajuan belajarnya sehingga didapatkan
potret/profil kemampuan siswa sesuai dengan daftar kompetensi yang ditetapkan
dalam kurikulum. Dalam proses penyusunan PBK dibutuhkan beberapa langkah-langkah
sebagai berikut, yaitu perencanaan, pengumpulan informasi melalui sejumlah
bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar siswa, pelaporan, dan
penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa.
Ini
akan menarik ketika kita melihat fenomena yang ada dikelas. Penilaian
berbasis kelas dilaksanakan secara terpadu dengan kegiatan belajar-mengajar.
Penilaian dapat dilakukan baik dalam suasana formal maupun informal, di dalam
kelas, di luar kelas, terintegrasi dalam kegiatan belajar-mengajar atau
dilakukan pada waktu yang khusus. Penilaian itu harus mampu menunjang kemampuan
yang sebenarnya pada siswa, agar tidak terjadi deskriminasi antar peserta
didik.
Selama
ini pelakasanakan penilaian kurang mampu menggambarkan kemampuan siswa yang
beragam karena cara dan alat yang digunakan kurang sesuai dan kurang
bervariasi. Penilaian Berbasis Kelas merupakan prinsip, sasaran yang akurat dan
konsisten tentang kompetensi atau hasil belajar siswa serta pernyataan yang
jelas mengenai perkembangan dan kemajuan siswa. maksudnya adalah hasil
Penilaian Berbasis Kelas dapat menggambarkan kompetensi, keterampilan dan
kemajuan siswa selama di kelas.
Author,
Rizky Ditho Hutomo
Editor,
Halimatus Syadiyah






0 komentar:
Post a Comment