Oleh : Eka Widiyani
1102413109
Peserta didik bukanlah robot gedeg yang seenaknya
saja saja dijejali apapun. Metode Group Investigasi (GI) sangat cocok
diterapkan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. “Aktif” dalam hal ini bermakna
luas. Simak pemaparan berikut :
Sesuai dengan prisip metode koorperatif yakni “model pembelajaran yang dapat memberi
peluang siswa untuk terlibat dalam diskusi, berpikir kritis, berani dan mau
mengambil tanggung jawab untuk pembelajaran mereka sendiri,” (Gokhale, 1995:6). Model pembelajaran
kooperatif tipe group investigasi dapat dipakai guru untuk mengembangkan
kreativitas siswa, baik secara perorangan maupun kelompok. Model pembelajaran
kooperatif dirancang untuk membantu terjadinya pembagian tanggung jawab ketika
siswa mengikuti pembelajaran dan berorientasi menuju pembentukan manusia
sosial (Mafune,2005:4).
Model pembelajaran
kooperatif dipandang sebagai proses pembelajaran yang aktif, sebab siswa akan
lebih banyak belajar melalui proses pembentukan (contructing) dan penciptaan,
kerja dalam kelompok dan berbagi pengetahuan serta tanggung jawab individu
tetap merupakan kunci keberhasilan pembelajaran. Berikut adalah asumsi-asumsi
dari model pembelajran ini:
- Untuk meningkatkan kemampuan kreativitas siswa dapat ditempuh melalui pengembangan proses kreatif menuju suatu kesadaran dan pengembangan alat bantu yang secara eksplisit mendukung kreativitas,
- Komponen emosional lebihpenting daripada intelektual, yang tak rasional lebih penting daripada yang rasional dan
- Untuk meningkatkan peluang keberhasilan dalam memecahkan suatu masalah harus lebih dahulu memahami komponen emosioanl dan irrasional.
Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe
group investigation memiliki beberapa tahap.
- Tahap pertama, sebagai tahap penyajian materi menggunakan strategi atau pendekatan “pembentukan konsep dari Taba”.
- Tahap kedua, merupakan gabungan dari tahap analogi langsung, perbandingan analogi, dan penjelasan berbagai perbedaan. Tahap ini diawali dengan meminta siswa membuat analogi langsung atas materi yang sedang dibahas. Setelah itu diikuti dengan melakukan pembandingan terhadap analogi-analogi dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan kesamaan dan kaitan antara aspek aspek objek yang dibahas. Kegiatan penjelasan perbedaan bertujuan mengembangkan kemampuan siswa dalam memperoleh kejelasan tentang perbedaan-perbedaan yang ada dalam objek yang sedang dibahas. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru perlu memberi dorongan dan memfasilitasi siswa untuk kegiatan tersebut.
- Tahap ketiga, sebagai tahap pengajuan analogi personal siswa diminta mengajukan pengandaian diri seumpama ia (siswa) sebagai sesuatu objek sesuai materi yang sedang dibahas. Karena itu dalam tahap ini, siswa tidak boleh dibatasi kesempatannya untuk berekspresi dan mengemukakan gagasannya. Peran serta aktif guru sebagai fasilitator sangat dibutuhkan.
- Tahap keempat, disebut sebagai tahap eksplorasi siswa diminta menguraikan atau menjelaskan kembali materi yang sedang dibahas dengan menggunakan bahasanya sendiri. Untuk itu, agar siswa mampu melakukan tugas tersebut maka guru perlu memfasilitasi siswanya dengan teknik curah pendapat dan hasil pekerjaan siswa didiskusikan dengan teman-temannya.
- Tahap kelima, disebut sebagai tahap pengajuan analogi langsung (yang lainnya) terhadap materi yang sedang dibahas. Siswa diharapkan bisa mengajukan analogi langsung yang telah dikuasainya dan mampu menjelaskan persamaan atau perbedaannya. Di sini, yang dipentingkan adalah argumentasi, mengapa suatu objek tertentu dianalogikan dengan materi yang sedang dibahas.






0 komentar:
Post a Comment