Oleh : Noviana Ayu Pratiwi
1102413114
Mengingat
kembali metode ceramah dan metode ekspositori yang semua kegiatannya terpusat
oleh guru, hanya bedanya di metode ekspositori tidak terlalu didominasi oleh
guru dan siswa dapat belajar lebih aktif daripada metode ceramah.
Masih berkenaan
dengan metode pembelajaran matematika, kali ini saya akan menjelaskan metode
lain yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Dan kali ini bisa
dibilang metode yang mampu membuat siswa lebih aktif dalam kelas. Barikut
adalah penjelasan mengenai metode Tanya Jawab yang diterapkan dalam pelajaran matematika.
Sebenarnya
apasih metode Tanya jawab? Metode Tanya jawab merupakan cara menyajikan materi dalam
bentuk pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan jawaban untuk mencapai tujuan. Namanya
saja sudah metode Tanya jawab, ya sudah pasti ada pertanyaan yang kemudian akan
dijawab. Umumnya pada tiap kegiatan belajar mengajar selalu ada Tanya jawab.
Namun, tidak semua kegiatan belajar
mengajar dapat disebut metode Tanya jawab. Dalam metode Tanya jawab, pertanyaan-pertanyaan
bisa muncul dari guru, bisa juga dari peserta didik, demikian pula halnya
jawaban yang dapat muncul dari guru maupun peserta didik. Oleh karena itu,
dengan menggunakan metode ini siswa menjadi lebih aktif daripada belajar
mengajar dengan metode ekspositori. Meskipun aktivitas siswa semakin besar,
namun kegiatan dan materi pelajaran masih ditentukan oleh guru.
Dalam metode
Tanya jawab, pertanyaan dapat digunakan untuk merangsang keaktifan dan
kreativitas berpikir siswa, karena mereka harus didorong untuk mencari dan
menemukan jawaban yang tepat. Sebelum pertanyaan diberikan, diperlukan pula
cara informative. Inisiatif dimulai dari guru. Sesudah pengarahan, dimulailah
dengan pengajuan pertanyaan, jika pertanyaan terlalu sulit, jawaban siswa hanya
“tidak tahu”, “tidak dapat”, gelengan kepala, atau hanya diam saja. Kelas yang
diam bisa saja karena tindakan guru yang kurang menyenangkan. Hal tersebut bisa
menjengkelkan guru. Jika guru sampai marah, bisa saja siswa akan takut untuk
menjawab atau bertanya.
Ada hal yang perlu
diperhatiakn dalam penggunaan metode Tanya jawab. Pertama, guru perlu menguasai
bahan secara penuh, jangan sampai sekali-kali seorang guru tidak bisa menjawab
pertanyaa. Dan yang kedua, siapkanlah pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan
kepada peserat didik agar pembelajaran tidak menyimpang dari bahan yang sedang
dibahas.
Memang pada
metode ini, guru sangat dituntut untuk menguasai materi agar mampu
mejawabpertnyaan yang berasal dari siswa, jangan sampai guru tidak mampu
menjawab pertanyaan. Guru menjadi pemegang control kelas agar kelas menjadi
aktif dan tujuan pada metod ini sangat tercapai.
Dalam belajar
matematika, metode ini sangat sering digunakan karena kebanyakan sebuah pembahasan
yang diberikan akan timbul pertanyaan. Bisa saja karena siswa belum jelas dalam
memahami konsep, jadi perlu penjelasan dari guru.
Menurut saya sendiri,
metode ini sangat efektif. Kenapa demikian? Karena dengan bertanya berarti
siswa memperhatikan betul materiyang disampaikan. Dan dengan metode ini seorang
guru mampu mengukur sejauh mana siswa telah menguasai materi.
Editor : Agus Adi R || 1102413093






0 komentar:
Post a Comment