Oleh : Eka Widiyani
1102413109
Metode Jigsaw pertama kali dikembangkan di
Universitas Texas oleh Elliot dan rekan-rekanya. Selanjutnya dikembangkan dan
diadaptasi oleh Slavin beserta rekan-rekanya dari Universitas Jhon Hopkins
padatahun 2001. Dalam metode ini para peserta didik diminta mempelajari materi yang akan menjadi
tanggungjawabnya, karena selain untuk dirinya, ia juga harus mengajarkan materi
itu kepada anggota kelompoknya yang lain. Dalam hal ini peran masing-masing
individu secara keseluruhan berperan aktif dan memiliki tanggung jawab penuh
terhadap kelompoknya dan kelompok lain, karena pemahamnya tentang materi yang
yang ia kuasai juga akan berimbas pada pemahaman kelompoklain. Singkatkata,
dalam metode ini para peserta didik diminta menjadi “ahli” pada suatu “materi”
yang kemudian akan mereka sampaikan pada kelompok lainya.
Setiap siswa dalam
model pembelajaran kooperatif ini adalah anggota dari dua kelompok, yaitu (1)
kelompok asal (home group) dan (2)
kelompok ahli (expert group). Kelompok asal dibentuk dengan anggota yang
heterogen. Di kelompok asal ini mereka akan membagi tugas untuk mempelajari
suatu topik. Setelah semua anggota kelompok asal memperoleh tugas
masing-masing, mereka akan meninggalkan kelompok asal untuk membentuk kelompok
ahli. Kelompok ahli adalah kelompok yang terbentuk dari anggota-anggota
kelompok yang mempunyai tugas mempelajari sebuah topik yang sama (berdasarkan
kesepakatan mereka di kelompok asal). Setelah mempelajari topik tersebut di
kelompok ahli, mereka akan kembali ke kelompok asal mereka masing-masing dan
saling mengajarkan topik yang menjadi tanggungjawab mereka ke anggota kelompok
lainnya secara bergantian. Berikut contoh langkah-langkah pelaksanaanya secara
sederhana :
- Siswa dikelompokkan dengan anggota ± 4 orang
- Tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda
- Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli)
- Setelah kelomppok ahli berdiskusi, tiap anggota kembali kekelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok tentang subbab yang mereka kuasai
- Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
- Pembahasan
- Penutup
0 komentar:
Post a Comment