Wednesday, December 17, 2014

Teori Pendekatan Modifikasi Tingkah Laku Pembelajaran


Oleh : Khairul Arifin

Teori pembelajaran ini didasarkan atas pendekatan modifikasi tingkah laku terutama dari Skinner, yang berpendapat bahwa apabila binatang saja dapat diajar untuk melakukan tugas-tugas yang sifatnya kompleks, maka orangpun akan dapat memanfaatkan prinsip-prinsip modifikasi tingkah laku yang diterapkan. Menggunakan binatang sebagai contoh pembelajaran adalah hal yang sedikit rumit, namun hal itu bisa terlaksana dengan baik. Teori tersebut di kembangkan pada manusia dan mendapat tanggapan positif dan bisa di lakukan oleh setiap orang sesuai dengan tipenya sendiri. Dari sini mulai muncul berbagai inovasi dalam dunia belajar, salah satunya muncul berbagai teori teori yang berkaitan dengan dunia pendidikan.
Para pendidik dapat menerapkan prinsip penguatan (reinforcement) untuk mengidentifikasi aspek-aspek situasi pendidikan yang terpenting dan mengatur kondisi pembelajaran sehingga siswa akan memperoleh pengakuan untuk keberhasilannya selama mereka berusaha untuk mencapai tujuan belajarnya. Untuk menjadi seorang pendidik memang mudah, namun menjadi pendidik yang bisa mendidik siswanya dengan benar dan sesuai dengan acuan teori yang ada itu bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan setiap orang. Semakin banyaknya teori yang ada harusnya mempermudah kita dalam menentukan jenis teori seperti apa yang nantinya akan kita gunakan sebagai pendidik agar bisa di terima dengan baik.
Modifikasi merupakan salah satu upaya dalam menambah inovasi pada bidang tersebut. Teori baru inilah yang nantinya akan di gunakan seorang pendidik dalam mengajar di kelas. Peran peserta didik disini sangat penting karena peserta didik itu sendiri yang dijadikan bahan percobaan untuk menguji kelayakan atau ke cocokan teori tersebut jika di gunakan disini.

0 komentar:

Post a Comment