Wednesday, December 17, 2014

Teori Pembelajaran Menurut Aliran Humanistik

oleh : Afidatun Nafiah

Pembelajaran humanistic sebenarnya lebih dipengaruhi oleh pandangan filsafat pendidikan humanism. Filsafat pendidikan humanistic sangat mementingkan adanya rasa kemerdekaan dan tanggungjawab. Bila seseorang mampu mengaktualisasikan dirinya dengan bebas tanpa karena tekanan lingkungan ia akan mencapai kesejahteraan. Maka tujuan pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia agar manusia mampu mengaktualisasi diri sebaik-baiknya. Untuk itu pembelajaran hendaknya menjadikan si belajar itu dapat memahami lingkungan dan dirinya sendiri. Bagaimana prinsip-prinsip pembelajaran yang dianut? Aliran humanistic tidak memiliki teori belajar khusus tetapi hanya bersifat elektik dalam arti mengambil teori yang sesuai (kognitif) asal tujuan pembelajaran tercapai. Prinsip yang nampak dalam kegiatan pembelajaran adalah pembelajaran humanistic cenderung mendorong anak untuk berpikir induktif karena mementingkan factor pengalaman dan keterlibatan aktif dalam proses belajar.
1.      Fungsi Pendidik
Ada 5 peran yang harus dilakukan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran humanistic, yaitu :
(a)    Menciptakan iklim belajar
(b)   Persiapan sarana dan kegiatan belajar
(c)    Pengaturan lingkungan
(d)   Pembukaan pembelajaran
(e)    Membangun suasana kebersamaan
(f)    Memenuhi kebutuhan belajar
(g)   Membantu mengungkapkan emosi
(h) Membantu belajar

0 komentar:

Post a Comment