oleh : Afidatun Nafiah
Pembelajaran
humanistic sebenarnya lebih dipengaruhi oleh pandangan filsafat pendidikan
humanism. Filsafat pendidikan humanistic sangat mementingkan adanya rasa kemerdekaan
dan tanggungjawab. Bila seseorang mampu mengaktualisasikan dirinya dengan bebas
tanpa karena tekanan lingkungan ia akan mencapai kesejahteraan. Maka tujuan
pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia agar manusia mampu mengaktualisasi
diri sebaik-baiknya. Untuk itu pembelajaran hendaknya menjadikan si belajar itu
dapat memahami lingkungan dan dirinya sendiri. Bagaimana prinsip-prinsip
pembelajaran yang dianut? Aliran humanistic tidak memiliki teori belajar khusus
tetapi hanya bersifat elektik dalam arti mengambil teori yang sesuai (kognitif)
asal tujuan pembelajaran tercapai. Prinsip yang nampak dalam kegiatan
pembelajaran adalah pembelajaran humanistic cenderung mendorong anak untuk
berpikir induktif karena mementingkan factor pengalaman dan keterlibatan aktif
dalam proses belajar.
1.
Fungsi Pendidik
Ada
5 peran yang harus dilakukan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran humanistic, yaitu :
(a) Menciptakan
iklim belajar
(b) Persiapan
sarana dan kegiatan belajar
(c) Pengaturan
lingkungan
(d) Pembukaan
pembelajaran
(e) Membangun
suasana kebersamaan
(f) Memenuhi
kebutuhan belajar
(g) Membantu
mengungkapkan emosi
(h) Membantu belajar






0 komentar:
Post a Comment