Oleh
: Khairul Arifin
Setelah
minggu kemarin kita membahas tentang penekanan dari teori belajar maka kali ini
kita akan masuk kedalam salah satu contoh teori pembelajaran itu sendiri,
diantaranya adalah teori pembelajaran kognitif. Dalam teori ini ada pendapat
dari salah seorang ahli dalam dunia pendidikan yaitu Bruner mengatakan bahwa teori
pembelajaran yang baik adalah pengalaman belajar melalui penemuan. Berarti
bahwa siswa disini bebas melakukan penemuan apapun yang mereka inginkan.
Dari
pendapat tadi bisa di katakan bahwa Teori Pembelajaran kognitif sama seperti
teori penemuan dalam model model pembelajaran yakni menggunakan metode penemuan
atau discovery learning. Dalam metode ini siswa yang aktif akan selalu ingin
tahu untuk menemukan sebuah masalah dan menyelesaikannya dan jika siswa yang
tidak aktif maka tidak akan bisa mengikuti jalannya metode ini.
Untuk menunjang
metode tersebut dibutuhkan 4 poin, diantaranya adalah :
1.
Untuk memungkinkan
terjadinya proses belajar diperlukan motivasi dari pihak siswa, oleh karena itu
perlu dicari prinsip-prinsip yang dapat membuat siswa mau dan mampu belajar.
- Perhatian
perlu diberikan kepada struktur bahan yang akan dipelajari. Dengan
demikian informasi dan proses pembelajaran perlu dikonsep-tualisasikan
sehingga dapat dengan mudah dipelajari siswa.
- Pengalaman-pengalaman
belajar perlu diurutkan dengan baik, dengan memperhatikan jenjang
perkembangan siswa.
- Perlu
adanya pujian atau hukuman.






0 komentar:
Post a Comment