Sunday, December 14, 2014

Teori Pembelajaran Kognitif


Oleh : Khairul Arifin
Setelah minggu kemarin kita membahas tentang penekanan dari teori belajar maka kali ini kita akan masuk kedalam salah satu contoh teori pembelajaran itu sendiri, diantaranya adalah teori pembelajaran kognitif. Dalam teori ini ada pendapat dari salah seorang ahli dalam dunia pendidikan yaitu Bruner mengatakan bahwa teori pembelajaran yang baik adalah pengalaman belajar melalui penemuan. Berarti bahwa siswa disini bebas melakukan penemuan apapun yang mereka inginkan.
Dari pendapat tadi bisa di katakan bahwa Teori Pembelajaran kognitif sama seperti teori penemuan dalam model model pembelajaran yakni menggunakan metode penemuan atau discovery learning. Dalam metode ini siswa yang aktif akan selalu ingin tahu untuk menemukan sebuah masalah dan menyelesaikannya dan jika siswa yang tidak aktif maka tidak akan bisa mengikuti jalannya metode ini.
Untuk menunjang metode tersebut dibutuhkan 4 poin, diantaranya adalah :
1.      Untuk memungkinkan terjadinya proses belajar diperlukan motivasi dari pihak siswa, oleh karena itu perlu dicari prinsip-prinsip yang dapat membuat siswa mau dan mampu belajar.
  1. Perhatian perlu diberikan kepada struktur bahan yang akan dipelajari. Dengan demikian informasi dan proses pembelajaran perlu dikonsep-tualisasikan sehingga dapat dengan mudah dipelajari siswa.
  2. Pengalaman-pengalaman belajar perlu diurutkan dengan baik, dengan memperhatikan jenjang perkembangan siswa.
  3. Perlu adanya pujian atau hukuman.
Berikut tadi merupakan Teori Pembelajaran Kognitif kemudian materi selanjutnya akan di lanjutkan di minggu berikutnya

0 komentar:

Post a Comment