Monday, December 29, 2014

Teori ini cocok untuk mata pelajaran Biologi


Anak terkadang sulit dalam menerima pelajaran mungkin ini disebabkan karena guru yang kurang mampu dalam mengembangkan proses penyampaian materi, yang hanya monotone kurang adanya inovasi. Biologi adalah salah satu bidang mata pelajaran yang ada dibangku SMA, terkadang ada siswa yang sulit dalam memahami materi yang disampaikan. Teori ini kiranya cocok untuk menerapkan mata pelajaran biologi.
Teori Gagne, dengan tokohnya Robert Gagne lahir tahun 1916 di North Andover, menurutnya belajar bukan merupakan proses tunggal melainkan proses luas yang dibentuk oleh pertumbuhan dan perkembangan tingkah laku, dimana tingkah laku itu merupakan proses komulatif dari belajar. Artinya banyak keterampilan yang dipelajari memberikan sumbangan bagi belajar keterampilan yang lebih rumit.
Gagne membagi proses belajar berlangsung dalam empat fase utama, yaitu:
1.    Fase pengenalan (apprehending phase). Pada fase ini peserta didik memperhatikan stimulus tertentu kemudian menangkap artinya dan memahami stimulus tersebut untuk kemudian ditafsirkan sendiri dengan berbagai cara. Ini berarti bahwa belajar adalah suatu proses yang unik pada tiap siswa, dan sebagai akibatnya setiap siswa bertanggung jawab terhadap belajarnya karena cara yang unik yang dia terima pada situasi belajar.
2.    Fase perolehan (acqusition phase). Pada fase ini peserta didik memperoleh pengetahuan baru  dengan menghubungkan informasi yang diterima dengan pengetahuan sebelumya. Dengan kata lain pada fase ini siswa membentuk asosiasi-asosiasi antara informasi baru dan informasi lama.
3.    Fase penyimpanan (storage phase). Fase storage/retensi adalah fase penyimpanan informasi, ada informasi yang disimpan dalam jangka pendek ada yang dalam jangka panjang, melalui pengulangan informasi dalam memori jangka pendek dapat dipindahkan ke memori jangka panjang.
4.    Fase pemanggilan (retrieval phase). Fase Retrieval/Recall, adalah fase mengingat kembali atau memanggil kembali informasi yang ada dalam memori. Kadang-kadang dapat saja informasi itu hilang dalam memori atau kehilangan hubungan dengan memori jangka panjang. Untuk lebih daya ingat maka perlu informasi yang baru dan yang lama disusun secara terorganisasi, diatur dengan baik atas pengelompokan-pengelompokan menjadi katagori, konsep sehingga lebih mudah dipanggil.
Kemudian ada fase-fase lain yang dianggap tidak utama, yaitu :
1.       Fase motivasi
sebelum pelajaran dimulai guru memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar.
2.       Fase generalisasi
adalah fase transer informasi pada situasi-situasi baru, agar lebih meningkatkan daya ingat, siswa dapat diminta mengaplikasikan sesuatu dengan informasi baru tersebut.
3.       Fase penampilan
adalah fase dimana siswa harus memperlihatkan sesuatu penampilan yang nampak setelah mempelajari sesuatu.
4.       Fase umpan balik, siswa harus diberikan umpan balik dari apa yang telah ditampilkan (reinforcement).
Teori ini adalah bukan salah satu solusi untuk membuat suasana belajar menjadi menarik,asik dan terlihat tidak membosankan serta mudah diterimanya materi yang disampaikan dalam hal ini biologi. Tapi masih ada banyak lagi teori yang bisa kita pakai untuk mata pelajaran biologi.

Aditya Wahyu Prasetyo

0 komentar:

Post a Comment