Anak terkadang sulit dalam menerima pelajaran mungkin
ini disebabkan karena guru yang kurang mampu dalam mengembangkan proses
penyampaian materi, yang hanya monotone kurang adanya inovasi. Biologi adalah
salah satu bidang mata pelajaran yang ada dibangku SMA, terkadang ada siswa
yang sulit dalam memahami materi yang disampaikan. Teori ini kiranya cocok
untuk menerapkan mata pelajaran biologi.
Teori Gagne, dengan tokohnya Robert Gagne lahir tahun 1916 di North Andover, menurutnya belajar bukan merupakan proses tunggal
melainkan proses luas yang dibentuk oleh pertumbuhan dan perkembangan tingkah
laku, dimana tingkah laku itu merupakan proses komulatif dari belajar. Artinya banyak keterampilan yang
dipelajari memberikan sumbangan bagi belajar keterampilan yang lebih rumit.
Gagne membagi proses belajar berlangsung dalam empat
fase utama, yaitu:
1.
Fase
pengenalan (apprehending phase). Pada fase
ini peserta didik memperhatikan stimulus tertentu kemudian menangkap artinya dan
memahami stimulus tersebut untuk kemudian ditafsirkan sendiri dengan berbagai
cara. Ini berarti bahwa belajar adalah suatu proses yang unik pada tiap siswa,
dan sebagai akibatnya setiap siswa bertanggung jawab terhadap belajarnya karena
cara yang unik yang dia terima pada situasi belajar.
2.
Fase
perolehan (acqusition phase). Pada fase
ini peserta didik memperoleh pengetahuan baru dengan menghubungkan
informasi yang diterima dengan pengetahuan sebelumya. Dengan kata lain pada
fase ini siswa membentuk asosiasi-asosiasi antara informasi baru dan informasi
lama.
3.
Fase
penyimpanan (storage phase). Fase
storage/retensi adalah fase penyimpanan informasi, ada informasi yang disimpan
dalam jangka pendek ada yang dalam jangka panjang, melalui pengulangan
informasi dalam memori jangka pendek dapat dipindahkan ke memori jangka
panjang.
4.
Fase
pemanggilan (retrieval phase). Fase
Retrieval/Recall, adalah fase mengingat kembali atau memanggil kembali
informasi yang ada dalam memori. Kadang-kadang dapat saja informasi itu hilang
dalam memori atau kehilangan hubungan dengan memori jangka panjang. Untuk lebih
daya ingat maka perlu informasi yang baru dan yang lama disusun secara
terorganisasi, diatur dengan baik atas pengelompokan-pengelompokan menjadi
katagori, konsep sehingga lebih mudah dipanggil.
Kemudian ada fase-fase lain yang dianggap tidak utama,
yaitu :
1.
Fase
motivasi
sebelum pelajaran dimulai guru memberikan
motivasi kepada siswa untuk belajar.
2. Fase generalisasi
adalah fase transer informasi pada
situasi-situasi baru, agar lebih meningkatkan daya ingat, siswa dapat diminta
mengaplikasikan sesuatu dengan informasi baru tersebut.
3. Fase penampilan
adalah fase dimana siswa harus memperlihatkan
sesuatu penampilan yang nampak setelah mempelajari sesuatu.
4.
Fase
umpan balik, siswa harus diberikan
umpan balik dari apa yang telah ditampilkan (reinforcement).
Teori ini adalah bukan salah satu
solusi untuk membuat suasana belajar menjadi menarik,asik dan terlihat tidak
membosankan serta mudah diterimanya materi yang disampaikan dalam hal ini
biologi. Tapi masih ada banyak lagi teori yang bisa kita pakai untuk mata
pelajaran biologi.
Aditya Wahyu Prasetyo
0 komentar:
Post a Comment