Pembelajaran
adalah sebuah kegiatan atau aktivitas yang berkaitan denggan ilmu untuk
diajarkan kepada siswa melalui guru. Guru adalah penyeimbang, penuntun,
pengarah, pemateri, pembimbing dan pelaksana proses pembelajaran. Yang mana
pembelajaran dikatakan berhasil jika berlangsung dengan pembelajaran yang
menarik, asik, dan penuh semangat serta timbul kenyamanan. Ini adalah tugas
dari seorang guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang diharapkan oleh
siswa dalam hal ini objek pembelajaran. Sebelum memalui berbagai proses
pembelajaran alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu objek yang akan
kita bidik yang akan kita rujuk yakni siswa yang mana siswa ini adalah manusia
dan kita tahu bahwa manusia adalah mahluk hidup bukan benda mati yang bergerak
layaknya robot. Kita tahu bahawa sifat dan karakter manusia memang berbeda-beda
namun kita dari seorang guru untuk langkah awal ambil dengan karakter manusia
secara umum dengen demikian akan mengarah pada karakter pribada dan itu adalah
tugas guru untuk membentuk karakter individu yang baik sesuai apa yang
diharapkan.
Bebicara
pembelajaran dan guru tentunya berbicara mengenai teori, teori apa sih yang
pantas untuk diajarkan oleh siswa. Memang kedudukan teori adalah sangat
fundamental. Mengapa demikian? Ya, bagaimana bisa terlaksana pembelajaran yang
baik jika teori saja belum memahami. Karena apa? Karena jika kita tahu dan
memahami teori maka implementasi akan berjalan baik dan menghasilkan evaluasi
yang baik pula semua berbanding lurus. Dari awal sudah saya katakan bahwa
langkah awal adalah memahami kontekas dari manusia itu sendiri, kemudian dari penelitian
tentang teori yang didapat terapkan kiranya mana yang pas untuk diterapkan
didalam pembelajaran yang diharapkan oleh siswa. Teori tentang pembelajaran sangat
banyak dari beberapa teori tersebut kiranaya perlu dicoba namun harus mengacu
pada langkah awal tersebut.
Ini
adalah beberapa teori mengenai pembelajaran. Teori – teori pembelajaran menjelaskan apa itu belajar
dan bagaimana mana belajar itu terjadi. Teori Behavioristik merupakan teori yang
menyatakan bahwa belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat
dari interaksi antar stimulus dan respon.
Teori Pengkondisian Klasik menyatakan
bahwa belajar merupakan suatu usaha dari organisme untuk mengaitkan atau
mengasosiasikan stimulus yang pada akhirnya menghasilkan sustu respon. Teori
Gestalt lebih menekankan belajar adalah kecenderungan mempersepsikan apa
yang terlihat dari lingkungannya sebagai kesatuan yang utuh. Inti dari Teori Skinner adalah dimana konsekunsi
prilaku akan menyebabkan perubahan dalam probabilitas prilaku itu akan terjadi
. Teori
Gane menyatakan bahwa belajar bukan merupakan proses tunggal melainkan
proses luas yang dibentuk oleh pertumbuhan dan perkembangan tingkah laku.
Bahwa teori pembelajaran di dalamnya terdapat tata
cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa,
perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar
kelas. Guru adalah penuntu mau dibawa kemana siswa mau dibuat seperti apa siswa
dan akan seperti apa siswa jadi teori-teori tersebut harus belandas pada apa
kemauan siswa apa yang diharapkan siswa dan akan seperti apa siswa.
Aditya
Wahyu Prasetyo
0 komentar:
Post a Comment