Monday, December 29, 2014

Teori ini cocok untuk guru



Pembelajaran adalah sebuah kegiatan atau aktivitas yang berkaitan denggan ilmu untuk diajarkan kepada siswa melalui guru. Guru adalah penyeimbang, penuntun, pengarah, pemateri, pembimbing dan pelaksana proses pembelajaran. Yang mana pembelajaran dikatakan berhasil jika berlangsung dengan pembelajaran yang menarik, asik, dan penuh semangat serta timbul kenyamanan. Ini adalah tugas dari seorang guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang diharapkan oleh siswa dalam hal ini objek pembelajaran. Sebelum memalui berbagai proses pembelajaran alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu objek yang akan kita bidik yang akan kita rujuk yakni siswa yang mana siswa ini adalah manusia dan kita tahu bahwa manusia adalah mahluk hidup bukan benda mati yang bergerak layaknya robot. Kita tahu bahawa sifat dan karakter manusia memang berbeda-beda namun kita dari seorang guru untuk langkah awal ambil dengan karakter manusia secara umum dengen demikian akan mengarah pada karakter pribada dan itu adalah tugas guru untuk membentuk karakter individu yang baik sesuai apa yang diharapkan.

Bebicara pembelajaran dan guru tentunya berbicara mengenai teori, teori apa sih yang pantas untuk diajarkan oleh siswa. Memang kedudukan teori adalah sangat fundamental. Mengapa demikian? Ya, bagaimana bisa terlaksana pembelajaran yang baik jika teori saja belum memahami. Karena apa? Karena jika kita tahu dan memahami teori maka implementasi akan berjalan baik dan menghasilkan evaluasi yang baik pula semua berbanding lurus. Dari awal sudah saya katakan bahwa langkah awal adalah memahami kontekas dari manusia itu sendiri, kemudian dari penelitian tentang teori yang didapat terapkan kiranya mana yang pas untuk diterapkan didalam pembelajaran yang diharapkan oleh siswa. Teori tentang pembelajaran sangat banyak dari beberapa teori tersebut kiranaya perlu dicoba namun harus mengacu pada langkah awal tersebut.

Ini adalah beberapa teori mengenai pembelajaran. Teori – teori pembelajaran menjelaskan apa itu belajar dan bagaimana mana belajar itu terjadi.  Teori Behavioristik merupakan teori yang menyatakan bahwa belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antar stimulus dan respon.  Teori Pengkondisian Klasik menyatakan bahwa belajar merupakan suatu usaha dari organisme untuk mengaitkan atau mengasosiasikan stimulus yang pada akhirnya menghasilkan sustu respon.  Teori Gestalt lebih menekankan belajar adalah kecenderungan mempersepsikan apa yang terlihat dari lingkungannya sebagai kesatuan yang utuh. Inti dari Teori Skinner adalah dimana konsekunsi prilaku akan menyebabkan perubahan dalam probabilitas prilaku itu akan terjadi .  Teori Gane menyatakan bahwa belajar bukan merupakan proses tunggal melainkan proses luas yang dibentuk oleh pertumbuhan dan perkembangan tingkah laku.  

Bahwa teori pembelajaran di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Guru adalah penuntu mau dibawa kemana siswa mau dibuat seperti apa siswa dan akan seperti apa siswa jadi teori-teori tersebut harus belandas pada apa kemauan siswa apa yang diharapkan siswa dan akan seperti apa siswa.

Aditya Wahyu Prasetyo

0 komentar:

Post a Comment