Wednesday, December 3, 2014

RENCANA PEMBELAJARAN

Oleh Achmad Basyar SM
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan

Dalam dunia manajemen kita ketahui tentang rencana atau dengan istilah Planning adalah persiapan menyusun suatu keputusan berupa langkah-langkah atau tahap-tahap dalam penyelesaian suatu masalah atau pelaksanaan suatu pekerjaan yang terarah pada pencapaian tujuan tertentu. Itu gambaran pengertian tentang rencana (planning) dalam ilmu manajemen, tapi sekarang yang kita kaji adalah tentang bidang pendidikan atau lebih tepatnya mengenai rencana pembelajaran.
Sebelumnya kita akan membahas sedikit tentang pembelajaran. Apa itu pembalajaran? Pembelajaran adalah suatu interaksi antara pengajar dengan satu atau lebih individu untuk belajar, dalam rangka untuk menumbuh kembangkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman belajar kepada peserta didik dengan kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran.
Dalam konteks ini perencanaan pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu proses penyusunan materi pembelajaran, penggunaan media pengajaran, penggunaan atau pendekatan metode, penilaian, dan menentukan alokasi waktu untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Perencanaan pembelajaran memainkan peran penting dalam memandu guru atau pendidik untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan belajar siswanya. Perencanaan pembelajaran juga dimaksudkan sebagai langkah awal sebelum proses pembelajaran berlangsung.
Oleh karena itu, pembelajaran memusatkan perhatian pada “bagaimana membelajarkan siswa”, dan bukan pada “apa yang dipelajari siswa”. Adapun perhatian terhadap apa yang dipelajari siswa merupakan bidang kajian dari kurikulum, yakni mengenai apa isi pembelajaran yang harus dipelajari siswa agar dapat tercapai suatu tujuan yang diharapkan. Pembelajaran lebih menekankan pada bagaimana cara agar tercapai tujuan tersebut. Dalam kaitan ini hal-hal yang tidak bisa dilupakan untuk mencapai tujuan adalah bagaimana cara menata interaksi antara sumber-sumber belajar yang ada agar dapat berfungsi secara optimal.
Adapun penentuan rencana agar mencapai suatu tujuan yang diharapkan atau yang akan dilakukan yaitu dengan menerapkan unsur-unsur bagaimana, bilamana dan oleh siapa rencana pembelajaran tersebut akan diterapkan. Selain itu, dalam merancang suatu rencana pembelajaran harus benar-bener mempertimbangkan banyak hal untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan. Mencari umpan balik (feedback) dalam penggunaan berbagai proses memungkinkan perencanaan pembelajaran yang fleksibel, adaptatif, dan realistis, karena apa? Untuk memungkinkan penyelesaian persoalan secara lebih spesifik atau waktu yang tepat agar dapat dicapai tujuan spesifik secara optimal.

0 komentar:

Post a Comment