Tuesday, December 2, 2014

Pembelajaran sebagai Perkembangan Kognitif

Oleh Diwan Aprillia
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Menurut Pieget, perkembangan bahasa berpengaruh terhadap proses berpikir. Ia menekankan bahwa kedewasaan dan perkembangan kognitif berdasarkan tahapan usia. Prinsip dasar pada teorinya adalah bahwa anak-anak mengkontruksi pemahamannya sendiri, dan pengetahuan bukanlah salinan dari realitas. Maka dari itu, pembelajaran merupakan sebuah proses yang di dalamnya seorang anak mengembngkan struktur pengetahuan agar bernilai guna melalui proses asimilasi dan juga akomodasi.
Tahapan dalam perkembangan kognitif Piaget :
  1. Sensori motorik (lahir-2 tahun)
  2. Pra operasional (2-7 tahun)
  3. Konkret perasional (7-11 tahun)
  4. Formal operasional (remaja-dewasa)

Dalam perspektif Piaget, ia mengatakan bahwa pengetahuan adalah sesuatu yang sudah ada sebelumnya yaitu pengetahuan yang diperoleh pada tahap pertama perkembanga sebelum pindah ke tahap selanjutnya. Mnurtnya, seorang anak akan mencari keseimbangan antara struktur pengetahuan yang sudah dimilikinya dengan pengetahuan baru yang diiperolhnya melalui proses asimilasi dan akomodasi. Denga demikian pembeljaran baru hanya akan terjadi apabila seseorang bisa mengembangkan pola pikirnya dengan mengadaptasi sesuatu yang baru dan menyesuaikan sesuatu yang lama.
Guru yang mengikuti model Piaget akan membuat RPP yang dianggap sesuai usia dengan cara memastikan bahwa tugas-tugas dan materi pembelajaran sudah sesuai dengan tingkat kognitif siswa yang sesuai dengan usia mereka pada umumnya. Guru memberi tugas dan asumsi bahwasanya siswa harus mampu mengusai dan mengerjakan soal dengan skill level rendah sebelum mereka mengakses dan menggunakan skill level tinggi mereka.

Pada dasarnya siswa belajar dengan mengeksplorasi lingkungannya dan akan benar-benar belajar apabila diberi kesempatan untuk memanipulasilingkungan tersebut. Sebaiknya pemeroleha skill-skill kognitif pada siswa seharusnya direncanakan berdasarkan level kogntifnya, berpindah secara pelan-pelan dari level rendah ke level yang lebih tinggi. 

0 komentar:

Post a Comment